loading...

Ini 5 Kampus yang Tawarkan Jalur Prestasi Masuk PTN, Tanpa Tes!

Masuk perguruan tinggi favorit jelas merupakan impian banyak camaba (Calon Mahasiswa Baru). Akan tetapi persaingan ketat saat melalui SNMPTN, SBMPTN ataupun jalur masuk PTN lainnya membuat banyak Camaba down duluan. Padahal ada banyak universitas negeri bergengsi yang menyediakan jalur prestasi untuk camaba yang selama masa sekolahnya aktif mengikuti kejuaraan atau pernah memenangkan lomba.

Dengan bekal sertifikat prestasi selama SMA/Sederajat kamu bisa masuk perguruan tinggi negeri ini melalui jalur prestasi mandiri tanpa melalui tes tulis yang bikin pusing.

1. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang membuka peluang seluas-luasnya untuk camaba yang memiliki prestasi di bidang olahraga, MTQ, kesenian hingga penalaran. Dengan menyertakan bukti sertifikat juara serendah-rendahnya tingkat Sekolah. Untuk yang berprestasi di bidang akademik bisa juga dengan menyertakan nilai raport dan surat keterangan bukti peraih peringkat 1,2 atau 3 di Sekolah.

Di jalur prestasi mandiri ini camaba bisa memilih berbagai jurusan di program vokasi (Diploma) yang sesuai dengan minat dan asal jurusan saat SMA/Sederajat. Dilansir dari web http://home.seleksi.um.ac.id/ pendaftaran jalur prestasi mandiri ini sudah dibuka lo dan akan ditutup pada tanggal 20 April 2018.

2. Universitas Negeri Jakarta

Untuk kalian yang punya prestasi minimal juara 3 tingkat nasional dibidang olahraga, seni, sastra, saintek, sosial humaniora atau bahkan memiliki hafalan Al-Quran 15 juz bisa mendaftar di jalur prestasi Universitas Negeri Jakarta ini. Pendaftaran dibuka tanggal 17 April-30 Mei 2018.

3. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Di jalur mandiri prestasi yang diselenggarakan UIN Malang ini dapat di ikuti oleh lulusan tahun 2017-2018 yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Jadi untuk camaba yang lulus di tahun 2017, jangan khawatir! Kalian tetap bisa daftar di jalur ini. Pendaftaran dibuka 18 April-13 Juli 2018.

4. Universitas Negeri Semarang

Untuk jalur ini persyaratannya adalah memiliki prestasi serendah-rendahnya juara I di tingkat kabupaten/kota, juara 1,2,3 di tingkat nasional dalam bidang seni, olahraga, olimpiade dan lain sebagainya. Atau jika kalian memiliki kemampuan khusus seperti tahfidz (Hafalan Al-Qur'an) atau penemuan teknologi. 

Pendaftaran dibuka 1 Februari-1 April 2018.

5. Universitas Negeri Yogyakarta

Di Universitas Negeri Yogyakarta ini lulusan tahun 2016-2018 bisa mendaftar jalur mandiri prestasi dengan syarat memiliki prestasi akademik maupun non akademik atau memiliki hafalan Al-Qur'an. Pendaftaran dibuka 2 Juni - 29 Juni 2018

Dan tentunya masih banyak lagi Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang membuka jalur prestasi untuk camaba yang memiliki prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik. Jadi prestasi selama di SMA/Sederajat sangat berguna kan membuka peluang seluas mungkin untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang kamu inginkan?

Semangat ya! Semoga berhasil masuk perguruan tinggi impianmu!

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-5345616483105373942", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel