loading...

Ini 10 Fakta tentang Nike yang Mungkin Belum Banyak Orang Tau!

HAI-Online.com - Sebagai sebuah brand terkenal, Nike tentu punya banyak fakta di baliknya. Nggak jarang, banyak fakta yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Nah, HAI sudah rangkum 10 fakta soal Nike yang mungkin lo belum tahu. Langsung cek, guys!

1. Awalnya dikenal dengan nama "Blue Ribbon Sports"

Sebelum tenar dengan nama "Nike", brand ini mengawali industrinya dengan nama "Blue Ribbon Sports" yang kantornya berada di Oregon. Nike sendiri didirikan pertama kali pada 25 Januari 184 oleh Philip Knight dan Billy Bowerman. Philip Knight pun merupakan seorang pelari loh dan Billy Bowerman merupakan pelatihnya.

Pada awal berdirinya, Nike.Inc menjadi perusahaan distributor sepatu dari Jepang, yakni Onitsuka Tiger. Hubungan mereka pun terus terjalin sampai 1971. Lalu, pada 1971 Nike mulai membuat produk sendiri dengan nama brand Nike yang dicetuskan Jeff Johnson.  Bill Bowerman dan Philip Knight membutuhkan sekitar Rp16,7 juta.

2. Nama "Nike" berasal dari bahasa Yunani

Pernah sangka nggak sih ternyata nama "Nike" diambil dari bahasa Yunani? Bener bro dan artinya itu kemenangan. Jadi, dalam sejarah bangsa Yunani ada nih Dewi Nike yang merupakan dewi kemenangan atau keberhasilan. Bill dan Philip selaku pendiri pun berharap dari nama "Nike" itu brand mereka bisa berhasil dan memberi kemenangan buat semua orang serta menjadikan mereka seorang pemenang.

3. Logo "Swoosh" buatan mahasiswa

Yap, logo "swoosh" khas Nike yang sekarang kita kenal itu dibuat oleh mahasiswa desain grafis, yakni Carolyn Davidson. Mahasiswa asal Portland State University itu mendapat inspirasi dari sayap Dewi Kemenangan Yunani. Sewaktu awal mendesain logo tersebut, Carolyn Davidson diberi bayaran sekitar Rp487.000,00. Makna logo "swoosh" itu sendiri ada berupa kecepatan dan gerakan.

4. Slogan "Just Do It" terinspirasi dari pembunuhan berantai

Nggak salah kok bro, memang benar kalau slogan "Just Do It" yang dipakai Nike sampai sekarang terinspirasi dari suatu pembunuhan berantai Gary Gilmore. Kata-kata "Just Do It" tersebut merupakan ucapan terakhir Gary Gilmore sebelum dieksekusi mati.

5. Nggak cuma desain sepatu untuk aktivitas sehari-hari

Kalau selama ini lo bisa liat sneakers dari Nike ciamik banget untuk aktivitas sehari-hari, Nike juga beberapa kali sempat desain untuk sepatu lain loh Contohnya nih Tinker Hatfield, desainer sepatu Nike bikin Bat boot buat film pertama Batman. Selain itu ada sepatu Michael J.Fox di film Back to the Future:Part II yang juga didesain Nike.

6. Sepatu pertama terinspirasi dari cetakan wafel

Siapa pernah tahu ternyata cetakan wafel milik istri Bill Bowerman mengilhaminya mendirikan Nike? Ia membayangkan kalau sepatu olahraga punya sol bawah dengan pola seperti wafel. Jadi para atlet bisa lebih mudah berlari, tanpa takut lagi kepleset.  Hak paten soal inovasi ini pun didapat Bill Bowerman pada 1974.

Sepatu Nike pertama lantas langsung diuji coba kepada Phil Knight. Saat itu, ia memakainya pada malam sebelum pertandingan dan mendapat perhatian tersendiri dari rekan satu timnya, yakni Otis Davis. Akhirnya Davis pun mencoba sepatu tersebut pada Olimpiadi 1960 perlombaan lari 400 meter. Davis bahkan mendapat medali emas.

7. Pertama kalinya menggunakan lagu The Beatles untuk iklan

Pada  1987, sebuah iklan televisi pertama kali hadir dengan lagu dari The Beatles dengan lagu "Revolution #9". Saat itu, Nike mendapat kritikan karena dinilai menggunakan lagu The Beatles tersebut tanpa izin. Iklan dengan lagu The Beatles berakhir pada 1988 dan Nike beralih bekerja sama dengan Jogn Lennon.

8. Jordan nggak suka warna sepatu di Air Jordan 1

Salah satu produk Nike yang begitu melejit sampai sekarang adalah seri Air Jordan. Tapi, ternyata bro Michael Jordan sendiri pada koleksi Air Jordan 1 nggak suka dengan warna merah dan hitam yang ada di sepatu tersebut saat pertama kali lihat.

9. Banyak diproduksi di Indonesia

Nggak semua sepatu dari Nike yang dibuat di Amerika Serikat. Ternyata banyak juga yang diproduksi di beberapa negara lain, seperti Indonesia, Cina, dan Vietnam loh.

10. Toko terbesar di Inggris

Nike punya persebaran toko di banyak negara, tapi yang terbesar ada di Inggris. Tepatnya toko tersebut berada di Oxford Street, London bro. Luasnya sendiri nyaris 4000 meter persegi.

 

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-5589029671636809719", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel