loading...

7 Perbedaan Makanan yang Sekilas Mirip Ini, Bisa Bedakan

Di dunia masak memasak banyak sekali bahan-bahan yang sekilas terlihat mirip satu dengan yang lainnya. Terutama bagi kamu yang baru saja terjun di dunia ini, tentunya akan kebingungan. Berikut adalah jenis makanan-makanan yang hampir mirip karena bentuk dan teksturnya satu sama lain. Hati-hati, jangan sampai salah ya!

1. Mayonnaise dan sour cream

Sour cream biasanya terbuat dari fermentasi krim dan tidak dicampur dengan berbagai macam bumbu sebelum dikonsumsi. Sedangkan mayonnaise lebih mudah dibuat dengan cara mengocok minyak, kuning telur dan cuka. Biasanya mayonnaise juga dicampur dengan garam atau rempah-rempah yang lain.

2. Muffin and cupcake

Bagi yang doyan baking pasti tahu kedua dessert yang imut-imut ini. Muffin dan cupcake memiliki teksture yang berbeda. Muffin biasanya lebih padat dan kering, hal ini dikarenakan oleh perbedaan waktu saat mencampur adonannya. Cupcake juga biasanya dihiasi dengan frosting dan ada filling jika ingin.

3. Pancake dan crepes

Biasanya pancake dicampur dengan baking powder sehingga adonan pancake mengembang dan menebal saat dibuat. Pancake juga memiliki teksture yang lebih lembut, sedangkan crepes biasanya bertekstur tipis dan garing. Crepes bisa diisi dengan topping manis ataupun gurih, sedangkan pancake hanya ditaburi topping saja.

4. Jus dan smoothie

Bahan-bahan jus dan smoothies menjadi perbedaan signifikan dari keduanya. Biasanya jus terbuat dari campuran buah-buahan dan sayuran yang diblender dan disaring, sehingga teksturnya lebih cair. Sedangkan smoothies akan dicampur dengan susu dan es yang cukup banyak sehingga lebih kental.

5. Sup dan stew

Keduanya mirip banget, perbedaannya hanya pada jumlah kuah dalam hidangan. Jika kuahnya lebih banyak daripada isinya, akan dinamakan sup. Stew lebih sedikit dan kental kuahnya.

6. Mentimun dan zucchini

Dari segi luarnya, mentimun memiliki bentuk yang bergelombang dan kasar, sedangkan zucchini halus dan licin. Dari segi rasa, zucchini terasa pahit, sedangkan mentimun lebih manis dan mengandung banyak air. Mentimun juga lebih banyak bijinya dibandingkan zucchini.

7. Roti tortila dan prata

Roti tortila asal meksiko biasanya terbuat dari campuran tepung jagung dan air sedangkan pada roti prata asal India harus mencampurkan lemak pada adonannya. Setelah dimasak, tekstur tortila lebih padat dan pipih sedangkan roti prata berlapis-lapis dan mudah disobek.

Hayoo, selama ini kamu sudah benar dalam membedakannya belum?

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-4317562971527717589", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel