loading...

5 Jurusan yang Diprediksi Paling Diminati Tahun 2018

Bagi siswa SMA tingkat akhir yang mau melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi, tentunya akan melewati satu tahap yang bisa dibilang lumayan berat, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri alias SBMPTN. Menghadapi SBMPTN tentulah tidak mudah. Karena kuota masing-masing perguruan tinggi negeri berbeda dan peminatnya sangat banyak.

Bicara soal peminat tentunya ada jurusan-jurusan tertentu yang selalu jadi primadona. Salah satu jurusan yang menjadi rebutan banyak calon mahasiswa baru adalah kedokteran Universitas Indonesia.

Supaya kesempatan lulus SBMPTN lebih besar, kamu harus pintar mengatur strategi pemilihan jurusan. Selain kedokteran UI, dikutip dari situs resmi sbmptn.ac.id, berikut ini ada lima jurusan yang diprediksi akan banjir peminat di tahun 2018. Apa saja ya?

1. Ilmu Hukum Universitas Indonesia

Jurusan untuk jalur Sosial Humaniora di Universitas Indonesia ini memang bisa dibilang sebagai primadona bagi kamu yang sekolah di jurusan IPS. Melalui situs resmi sbmptn.ac.id, pada 2017 Ilmu Hukum memiliki peminat 3.351 peserta walaupun hanya ada 100 kursi untuk diperebutkan. Bisa dibilang peluang satu orang untuk masuk hanya sekitar 0.03%.

2. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung

Jurusan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika dari Institut Teknologi Bandung ini memang selalu jadi jurusan yang paling banyak diincar oleh anak IPA. Dengan daya tampung hanya 183 kursi namun peminat jurusan ini bisa sampai 3.705 peserta. Bisa dikalkulasikan peluang tiap orang untuk masuk hanya 0.05%.

3. Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung

Selanjutnya untuk jalur Sosial Humaniora Institut Teknologi Bandung, ada jurusan Sekolah Bisnis Manajemen. Nggak berbeda jauh dengan 2 jurusan sebelumnya, jurusan ini memiliki sebesar 3.327 peserta dengan jumlah kursi hanya 130. Untuk peluang masuk per siswa hanya 0.04%.

4. Ilmu Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Satu lagi universitas populer di Indonesia yang nggak pernah sepi peminat, yakni Universitas Gadjah Mada. Ilmu Kedokterannya hampir sepopuler Kedokteran Universitas Indonesia. Dengan jumlah peminat mencapai 3.321 peserta, UGM hanya memiliki 53 kursi. Peluangnya sangat kecil untuk bisa masuk sini, hanya 0.015%. Jadi yang minat banget masuk sini harus ekstra belajar ya, Bela.

5. Ilmu Hukum Universitas Gadjah Mada

Lagi, sama seperti Universitas Indonesia, Ilmu Hukum di Universitas Gadjah Mada juga memiliki minat yang besar. Memiliki kuota sekitar 90 kursi, jumlah peminat Ilmu Hukum UGM mencapai 3.164 peserta. Peluangnya hanya sekitar 0.029%. sedikit lebih kecil dibandingkan Ilmu Hukum UI.

Berdasarkan data tersebut, bisa menjadi patokanmu untuk mengatur strategi dalam memilih jurusan supaya bisa lolos di jurusan dan kampus yang kamu inginkan. Good luck, Bela!

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-4677739571301892157", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel