loading...

3 Hal Tentang Danau Sunter yang Harus Kamu Ketahui

Jakarta, IDN Times - Beberapa hari terakhir ini nama Danau Sunter ramai diperbincangkan. Pasalnya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menantang Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dalam lomba renang di danau tersebut. 

Sandiaga menjawab tantangan Menteri Susi dengan menggelar Festival Danau Sunter yang akan diadakan pada Minggu (25/02). Festival ini tidak hanya menghadirkan lomba renang antara Susi vs Sandi, tapi juga akan menyuguhkan berbagai hiburan seperti atraksi perahu naga, hiburan musik, bazar UMKM, dan atraksi Jetski.

Bagi kalian yang belum pernah berkunjung ke Danau Sunter, berikut ini 3 hal tentang Danau Sunter.

1. Danau Sunter terbagi menjadi dua

Danau Sunter yang berada di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, ini dibagi menjadi dua, yaitu Danau Sunter sisi Barat dan Danau Sunter sisi Timur.

Danau Sunter di sisi Timur berada di depan Hotel Sunlake dan Danau Sunter sisi barat yang berdampingan dengan rumah-rumah warga. Kedua Danau Sunter ini adalah dua sisi yang sangat berbeda. 

Danau Sunter sisi timur dapat ditemui berbagai kegiatan wisata dan latihan olahraga air, seperti latihan fisik bagi institusi, jet ski, radio control perahu, dan memancing. 

Di tengah danau ini pun terdapat alat untuk olahraga air. Kegiatan tersebut menjadi pemandangan umum di danau ini. 

Beranjak ke Danau Sunter sisi Barat, kondisinya sangat jauh berbeda. Kegiatan warga di danau ini cenderung lebih sepi. Hanya ada warga yang memancing dan berlatih dayung bagi atlet dayung dan anggota TNI.

2. Surga bagi para pemancing ikan

Ya, Danau Sunter merupakan surga bagi para pemancing ikan, sebab di danau tersebut banyak berkembang biak spesies ikan seperti mujair, nila, dan lele.

Tentunya masyarakat yang memancing di danau seluas 33 Hektar tersebut harus ekstra bersabar, pasalnya jumlah ikan yang tersebar juga tidak terlalu mendominasi bila dibandingkan dengan luas danau tersebut.

Konon katanya, pada pertengahan tahun 2000an, beredar rumor ada seseorang yang menebarkan benih ikan louhan yang dikenal akan keindahan di kepala dan tulisan ditubuhnya, sehingga masyarakat berbondong-bondong memancing di danau tersebut untuk mendapatkannya.

Namun, bagi kalian yang tidak sabar menunggu untuk segera mendapatkan ikan di danau tersebut, maka kalian bisa beralih ke sisi Timur Danau Sunter, di sana banyak sekali kolam pemancingan ikan yang dikelola masyarakat. Kamu cukup membayar ikan hasil pancingan yang anda dapatkan saja loh. Menarik bukan?

3. Pulau kecil di tengah danau yang angker

Bila kamu pernah berkunjung ke Danau Sunter, maka kamu pasti akan melihat pulau kecil di tengah-tengah danau tersebut.

Ya, konon pulau kecil tersebut dikenal angker. Pulau yang kurang dari satu hektare tersebut hanya ditumbuhi pepohonan seperti kelapa, mangga dan pisang.

Jarak antara tepi danau dan pulau tersebut hanya kurang lebih 30 meter.  Namun untuk menuju ke pulau tersebut dibutuhkan perahu kecil atau getek.

Konon katanya, pulau kecil yang tak bernama tersebut dahulu sering digunakan untuk melakukan ritual persembahan untuk meminta petunjuk mendapatkan nomor lotre atau togel dengan menaruh sesajian berupa buah-buahan dan dupa.

Namun kamu tidak usah khawatir, sebagian area pulau buatan tersebut kini sudah ditata dan lampu penerangannya ditambah. Para pengunjung juga dimanjakan dengan pedestrian yang dilengkapi jalur sepeda menjelang Festival Danau Sunter 25 Februari esok yang akan dihadiri Sandiaga Uno dan Menteri Susi Pudjiastuti.
 

 

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-5873327688501322445", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel