loading...

Ingin Jadi Volunteer Ini 5 Untungnya bagi Karier Anda

[Bintang] Volunteer

Liputan6.com, Jakarta - Baru selesai kerja dan minder melihat profil LinkedIn orang lain yang penuh pengalaman? Ingin cepat-cepat meniti karier tapi semua lowongan menuntut pengalaman? 

Menjadi volunteer bisa menjadi salah satu solusi untuk mengakali situasi tersebut. Menjadi volunteer pun ada banyak jenisnya, bisa yang sifatnya outdoor, seperti ikut kegiatan sosial, atau yang indoor, misal menjadi penerjemah bahasa di film-film pendek.

Jika kamu masih ragu-ragu, cek lima keuntuungan menjadi volunteer, dan dampaknya terhadap karier kamu ke depan. Dilansir The Muse, berikut lima keuntungan menjadi volunteer.

 

1. Resume Makin Keren

Saat bingung mencari kerja, tentunya pengalaman yang kosong akan bikin minder. Mengisi daftar keahlian dengan panjang lebar tanpa ada pengalaman juga rasanya kurang lengkap. Di sinilah menjadi volunteer bisa memberikan solusi.

Isi waktu kala menunggu kerja dengan melakukan volunteer. Pengalaman sebagai volunteer tidak hanya memberikan pengalaman di CV, tetapi juga menujukkan bahwa kamu memiliki kepedulian terhadap sesuatu.

2. Bisa Bertemu Orang Baru

Bingung cara networking? Untuk mereka yang sudah berkarier lama, mereka pasti akan dicari-cari di LinkedIn atau di acara-acara sosial. Nah, bagi yang baru berkarier, pakailah volunteering sebagai cara membangun jaringan.

Disinilah pentingnya ikut volunteering sesuai tujuan karier, agar bisa membangun relasi yang menunjang kariermu ke depannya. Selain itu, kamu bisa belajar dari mereka mengenai dinamika karier yang kamu tuju. 

3. Membantu Menentukan Karier

Apakah kamu lebih suka kerja di kantor nirlaba? Perusahaan besar? Atau justru lebih suka di startup? Lebih suka kerja tim atau kerja independen?

Menjadi volunteer adalah sarana untuk mengumpulkan informasi dan mencari tahu mengenai industri tempat kamu ingin bekerja. Arahkan aktivitasmu sebagai volunteer untuk mencoba mana tempat yang paling cocok.

4. Mengembangkan Skill Baru

Menjadi volunteer bisa mengajarkan kita ilmu-ilmu baru, seperti praktik soft skills. Ini tentu sangat berguna bagi yang belum pernah bekerja.

Dengan menjadi volunteer, kamu bisa mempelajari kemampuan-kemampuan yang disukai perekrut pekerjaan. Mulai dari etika pekerjaan, sampai kemampuan kerja sama.

5. Bikin Lebih Pede

Jaringan karier terbangun, ilmu bertambah, kemampuan makin terpoles. Keuntungan-keuntungan tersebut jelas meningkatkan kualitasmu.

Alhasil, ketika kamu dipanggil untuk wawancara, kamu bukan lagi orang tanpa pengalaman. Kamu bisa tampil lebih percaya diri dan memberikan kontribusi riil pada perusahaan barumu lewat pengalaman sebagai volunteer.

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-6062564962442134033", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel