loading...

Gimana Cara Tahu Jenis Kulit Tanpa Harus ke Dokter Kulit

?

Mengetahui jenis kulit sendiri tuh merupakan hal yang penting, karena kamu tentunya perlu tahu jenis kulitmu sebelum melakukan berbagai perawatan kulit.

Misalnya kamu mengira memiliki kulit berminyak, padahal sebenarnya kulitmu adalah tipe kombinasi. Kesalahan itu bisa menyebabkan kamu menggunakan skin care yang salah, sehingga membuat keadaan kulit jadi buruk.

Dermatologis selebriti asal Mumbai, Dr. Jamuna Pai menyebutkan bahwa ada empat jenis kulit, yakni berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif.

Menurut Dr. Pai, kesalahan utama yang sering kita lakukan adalah menggunakan skin care yang memiliki label 'cocok untuk semua jenis kulit'.

Nggak adaskin care yang cocok untuk seluruh jenis kulit, jika sebuah krim cocok untuk si A, belum tentu krim itu juga tepat bagi si B meskipun mereka satu keluarga. Setiap manusia memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, ujar Dr. Pai.

Jenis Kulit Bisa Berubah

Dr. Pai menjelaskan bahwa jenis kulit bisa berubah sepanjang kamu hidup. Tipe kulit menyesuaikan usia, produk skin care yang digunakan, treatment kedokteran, cuaca, perubahan hormon, gaya hidup, juga asupan makanan.

Bisa jadi ketika remaja kamu memiliki kulit yang berminyak, tetapi perlahan kulit menyesuaikan dengan kondisi gaya hidupmu dan berubah menjadi kulit kombinasi.

Kulit Berminyak

Kulit berminyak memiliki tekstur yang nggak rata, pori-pori besar yang terbuka, sehingga menyebabkan kotoran mudah menyumbatnya dan menyebabkan jerawat serta komedo.

Jenis kulit ini juga memiliki kilap yang membuat wajah terlihat berkilau. Namun, keuntungan kulit berminyak adalah lebih lambat mengalami penuaan dibanding jenis-jenis kulit lain.

Kulit Kering

Kulit kering memiliki pori-pori yang kecil, kulit pecah-pecah, dan seringkali terasa kencang. Kekencangan itu terjadi karena kulit kekurangan kelembapan.

Kulit kering juga paling mudah menua, biasanya akan muncul garis-garis halus dan kerutan pada usia yang masih cenderung muda.

Kulit Kombinasi

Pada bagianT-zone (dahi, hidung, dan dagu) kulit dalam keadaan berminyak, sedangkan bagian pipi lebih kering.

Kulit kombinasi termasuk salah satu kulit yang agak tricky, karena kamu harus benar-benar teliti saat memilih skin care supaya T-zone nggak makin berminyak dan pipi nggak makin kering.

Kulit Sensitif

Sesuai dengan namanya, jenis kulit ini sangat sensitif terhadap sinar matahari, udara yang terlalu dingin, debu dan polusi, atau skin care dengan bahan yang terlalu kuat.

Biasanya kulit sensitif lebih cepat memerah, gatal, dan iritasi dibanding jenis kulit yang lain. Jika punya kulit sensitif, kamu harus memastikan skin care nggak mengandung alkohol dan bagan-bahan keras lainnya.

Dari paparan di atas, apakah kamu sudah bisa mengetahui jenis kulitmu?

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-462023921543175331", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel