loading...

Gaji Cepat Habis Jangan-jangan Ini 5 Alasannya!

Tengah bulan aja belum sampai, tapi dompet sudah tipis? Wah wah. Padahal kamu sendiri nggak tahu larinya itu uang kemana saja. Rasanya sudah nggak jajan sesering bulan lalu, bahkan terakhir kali kamu beli baju pun sudah lupa rasanya. Yah, namanya juga sekedar rasa-rasanya. Setelah dihitung, memang ada beberapa hal yang bikin gaji kamu cepat sekali menguapnya. Apa saja itu? Yuk simak di sini!

1. Jajan Fancy

Mentang-mentang sudah punya gaji sendiri, lantas kamu pun membiasakan diri buat jajan ice coffee dengan whipped cream yang tidak pernah absen setiap sore nangkring di meja kerjamu. Begitu juga cemilan di luar, membeli perintilan skincare, atau nonton bioskop tiga kali sehari. Lalu kamu pun bingung, rasanya kamu jarang membeli barang, kenapa gaji cepat sekali habisnya? Nah sekarang kamu sudah tahu jawabannya kan?

2. Memperlakukan kartu kredit sebagai duit ekstra

Mindset seperti ini yang membawa kita ke kehancuran keuangan. Ingat ya girls, kartu kredit bukan kartu sakti yang menjadi alat bayar segala keinginan kamu. Dia cuma fasilitas 'nalangin' dulu yang ujung-ujungnya juga mesti kamu bayar pakai uang sendiri. Jadi, dia bukan uang tambahan dari langit. Ok? Tahan dulu keinginan kamu buat beli ini itu kalau memang uangnya tidak cukup, supaya kamu tidak terjerat hutang nantinya. 

3. Nggak mencatat pengeluaran

Kelihatannya sepele, tapi dengan kamu rutin mencatat pengeluaran sekecil apapun, kamu jadi bisa menelusuri kemana saja uang kamu pergi. Akhirnya kamu sadar kalau pengeluaran yang kecil-kecil macam 10 atau 20 ribu saja bisa bernilai jutaan di akhir bulan. Catat, catat, dan catat. No archives, no future! 

4. Nggak punya daftar belanja

Segera bikin deh daftar sakti ini, dan patuhi isi di dalamnya! Karena berkaca dari yang lalu, biasanya kita jadi tergoda untuk membeli barang yang nggak perlu karena bingung saat pergi berbelanja. Misalnya, kamu berencana untuk membeli barang A dan C di hari itu, ternyata pulang-pulang kamu sudah menenteng B, D, E, dan lainnya dengan alasan, "Ah, lucu!", "Mumpung diskon!", "Mumpung lagi hits!" hmmm pantas saja gaji kamu cepat sekali menguapnya.

5. Beli aja 'minded'

Nggak ada salahnya sih lebih membeli produk 'jadi' daripada membuat, tapi kalau bisa DIY atau memanfaatkan yang sudah ada, apa salahnya kan? Misalnya, kan mubazir kalau kamu punya banyak tanaman lidah buaya di rumah, tapi memilih beli gel nya di beauty store. Bukan apa-apa, sekarang kan lagi dalam konteks ngomongin gaji yang sering menguap, daripada apa-apa beli, mending buka sedikit mata kita untuk lebih memanfaatkan hal sekitar ketimbang buru-buru belanja. Good luck, girls!

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-3690625361328278593", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel