loading...

5 Sambal Nusantara Favoritnya Presiden Jokowi

Dari Kopi Tuku sampai Restoran Bebek Tepi Sawah, makanan yang dicicipi Presiden Jokowi memang selalu bisa memancing rasa penasaran. Nggak cuma itu, sudah pada tahu kalau Presiden kita yang satu ini ternyata juga suka sambal-sambal Nusantara? Ini dia 5 sambal favorit Presiden Jokowi. 

Sambal Tombur

Sambal yang satu ini memang banyak diberitakan karena saat kunjungan kerja Jokowi ke Sumatera Utara, tepatnya di kawasan Danau Toba, Jokowi antusias saat menyantap masakan tradisional khas Batak, salah satunya adalah sambal Tombur. 

Sambal Tombur itu sendiri biasanya disajikan dengan ikan mas. Sambal yang diolah dari andaliman, cabe rawit, kacang, dan rias (kecombrang) terkenal dengan sensasi pedas yang luar biasa. Buat pencinta pedas sejati, wajib banget cobain sambal ini.

Sambal Blondo

Seperti dilansir Merdeka.com, pada tahun 2014 saat Presiden Jokowi datang ke warung makan favoritnya Ayam Goreng Mbah Karto Tembel, di Kabupaten Sukoharjo, dia nggak lupa pesan sambal blondo buat teman makan ayam goreng. Dan ternyata tempat makan ini adalah salah satu warung makan favoritnya saat masih menjadi Wali Kota Solo. 

Sambal blondo terbuat dari endapan santan yang dimasak hingga kecokelatan dan dicampur dengan cabe dan bumbu-bumbu lainnya. Cita rasanya yang gurih, pedas, dan asin, itulah yang mungkin jadi alasan Pak Jokowi kepincut.

Sambal Matah

Di sela-sela kunjungan kerja di Bali, pak Jokowi menyantap makan siang di Restoran Bebek Tepi Sawah di Banjar Teges, Ubud. Selain bebek crispy-nya, ternyata Presiden Jokowi jatuh hati dengan sambal Bali yaitu sambal matah. Beliau bahkan berpesan agar selalu mempertahankan kekhasan sambal khas Bali ini. 

Untuk mengolah sambal yang satu ini, bahan-bahan yang diperlukan adalah bunga kecombrang yang dipadukan dengan cabe dan rempah-rempah tradisional lain sehingga memiliki cita rasa pedas, asam, dan manis.

Sambal Bawang Mentah

Ternyata Jokowi juga menyukai cita rasa sambal bawang mentah. Bedanya dengan sambal matah adalah sambal bawang mentah diuleg dengan semua bahan sambal tidak dimasak terlebih dahulu. Tentunya cita rasanya lebih pedas dan lebih terasa kekhasannya karena tidak dimasak.

Sambal Pete

Saat meninjau dan mencicipi masakan dari finalis Lomba Masak Ikan Nusantara 2017, Presiden Jokowi mencicipi hidangan Gabus Pucung Sambal Pete. Saat mencicipi hidangan ini, Jokowi kontan menyerukan "Pedas Pedas" sambil menyeruput air putih yang dibawakan pegawai Istana. Kalau pak Jokowi saja kepedasan, kamu berani mencobanya nggak?  

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-5412330295880111096", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel