loading...

Tahu Rafi Ridwan Desainer Cilik Tuna Rungu Ini Bikin Bangga Indonesia

Rafi Ridwan/ dok. Goodnewsfromindonesia.org

Storibriti.com - Indonesia tak pernah kalah dari bangsa manapun di dunia. Termasuk dalam urusan fashion. Selain nama-nama seperti Tex Saverio yang karyanya pernah dipakai oleh Lady Gaga dan Jennifer Lawrence, kita juga punya Rafi Ridwan, seorang perancang busana tuna rungu berusia 14 tahun.

Ucapan Tyra Banks untuk Rafi Ridwan  2016 storibriti.com/dok. rafiridwan.com

Karya Rafi juga sudah dipakai oleh nama-nama tenar lho, Happy people. Mulai bekerja sama dengan Tyra Banks di kompetisi America's Next Top Model hingga dipakai karyanya oleh Michelle Obama? Keren ya.

Rafi bagai anak ajaib. Bila di usia 9 tahun kebanyakan dari kita hanya sibuk sekolah, bermain, dan bercita-cita jadi dokter atau presiden, Rafi sudah bermimpi menggelar fashion show-nya sendiri!

Rafi Ridwan  rafiridwan.com/dok. rafiridwan.com

Tentu Rafi tidak dengan mudah menggapai cita-citanya. Ia terlahir berbeda. Saat mengandung, ibunya terserang virus Rubela yang berakibat buruk bagi janin yang dikandung. Rafi pun terlahir tuli. Namun kekurangan bukan alasan bagi Rafi. Dikelilingi oleh keluarga yang harmonis dan mendukung, ia mampu menjadi yang terbaik dari dirinya.

Di laman situs pribadinya rafiridwan.com Rafi bercerita kalau saat kecil ia selalu penasaran akan hal baru dan kerap bertanya pada ibunya. Kepada sang bunda, suatu hari ia bertanya apa itu suara. Ibunya pun sempat bingung, lalu menjelaskan kalau suara itu bagaikan warna; ada merah, hijau dan lainnya.

Bakat Rafi Ridwan mulai nampak saat ia berumur 2 tahun. Bersekolah di sekolah khusus anak-anak tuna rungu, di situlah ia mulai menggambar. Rafi tertarik pada karakter Ariel dalam serial Little Mermaid yang ia tonton di televisi. Rafi penasaran lalu bertanya kepada ibunya kenapa Ariel tidak berpakaian seperti perempuan lain. Ibunya yang bingung pun meminta Rafi untuk membuatkan pakaian yang bagus untuk Ariel.

Hingga pada suatu hari, Rafi yang gemar membaca buku fashion dan menghadiri fashion show tersebut menuliskan dua permintaannya melalui surat untuk Tuhan. Ia ingin bisa mendengar. Dan yang kedua, ia ingin membuat pagelaran busana di hari ulang tahunnya.

Rafi Ridwan  Kapanlagi.com/Kapanlagi.com

Tuhan punya rencana indah. Tuhan mendengar doanya. Di ulang tahunnya yang ke-9 Rafi berhasil menggelar mini show-nya berkolaborasi dengan Barli Asmara, salah seorang perancang busana ternama Indonesia.

Dari sinilah jalan semakin terbuka lebar bagi Rafi Ridwan. Di usianya yang beranjak remaja, ia telah menorehkan prestasi yang mungkin tak pernah kita capai saat seusianya. Koleksinya bahkan sempat hadir di pagelaran fashion paling bergengsi di Tanah Air, Jakarta Fashion Week (JFW) 2012.

Rafi Ridwan adalah perancang busana termuda di Indonesia juga dunia. Ia pun belum selesai bermimpi. Ia ingin menggelar fashion show di Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat.

Good luck, Rafi! Jangan menyerah.

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-5396080824054002769", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel