loading...

Tak Boleh Asal, Ini Dia Tips Menanam Pohon Peneduh Taman dengan Benar!

Penulis Zeldjian Poetera Athallah, Nia Irawan

 - Bayangkan saja jika halaman ada terdapat pohon besar rindang, bagaimana rasanya? Asri dan sejuk, sudah pasti! Selain itu, kehadiran menanam pohon peneduh yang besar dapat dijadikan salah area relaksasi di rumah yang menyenangkan.

Misalnya, Anda bisa menghadirkan hammock ataupun ayunan untuk sekadar jadi area bermain anak dan relaksasi Anda. Terlepas dari itu semua, ternyata Anda tak bisa sembarangan menanam pohon peneduh di halaman. Agar tak salah langkah, perhatikanlah hal-hal penting berikut ini.

Cermati Luas Halaman

Lazim jika pohon peneduh yang besar bikin suasana rumah makin asri. Tapi, jangan sampai Anda melupakan luasan halaman di rumah. Jika Anda memiliki halaman yang mungil, menanam pohon peneduh justru akan membuat rumah makin tenggelam, sesak, dan gelap. Anda pun harus rajin memangkas batang dan daunnya yang semakin memanjang.

Tanam Pohon Peneduh Mungil

Jika Anda bermaksud menanam tanaman peneduh, sebaiknya pilih tanaman yang memiliki batang kayu yang tidak terlalu besar tapi punya daun yang banyak (rimbun). Sebab, batang kayu yang besar dapat merusak area di sekitarnya. Misalnya saja, talang air atau atap yang berdekatan dengan pohon.

Nah, untuk pilihan tanamannya, Anda bisa menanam kamboja, ceri hutan atau kersen, cemara udang, serta ketapang kencana, di mana tanaman-tanaman ini masih memiliki batang pohon yang dapat ditolelir besarannya.

Punya Akar Kuat

Belakangan ini, Indonesia sering diterpa angin besar dan hujan deras. Jika Anda bermaksud untuk menanam pohon peneduh di halaman, salah satu indikator yang mesti diperhatikan adalah tanaman ini memiliki akar pohon yang kuat, supaya mereka tidak tumbang saat diterpa kondisi seperti di atas. Misalnya saja pohon kiara payung, asam jawa, dan lain sebagainya.

Tak Lupakan Tanaman Lain

Ketika Anda berniat menanam pohon peneduh besar, tandanya Anda harus rela tidak ada tanaman bunga atau rumput hijau di bawahnya. Mengapa? Sebab, dahun tanaman peneduh biasa rimbun, sehingga dapat menutupi sinar matahari di area bawah pohon.

Maka dari itu, kondisi seperti ini tidak cocok sebagai area tanam bagi tanaman bunga atau rumput hijau. Kendati begitu, jika Anda ingin menambahkan tanaman lain di sana, Anda bisa menggunakan tanaman anggrek. Anda bisa menggunakan batang pohon sebagai area menanam anggrek, tapi pastikan anggrek juga sedikit terpapar sinar matahari.

Tidak Berdekatan Dengan Teras

Sebaiknya Anda tidak menanam pohon peneduh dekat dengan teras rumah. sebab, akar pohon ini dapat berkembang cepat dan berisiko merusak lantai rumah. Oleh karenanya, disarankan untuk menanam pohon penduh agak jauh dari teras.

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-6455775439760838067", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel