loading...

5 Jurusan IPS yang Sepi Peminat di 2018 Namun Punya Kesempatan Kerja Tinggi, Bisa Jadi Pertimbangan!

Banyak para pelamar yang ingin masuk ke perguruan tinggi, mereka akan milih jurusan yang favorit. Memang betul ketika kita bisa berhasil masuk ke jurusan yang favorit, dan apalagi jurusan tersebut terkenal sulit kita dapatkan karena peminatnya yang banyak.

Tapi enggak ada salahnya lho kalau kita coba lihat dan pertimbangkan jurusan yang sepi peminat karena saingan kita nantinya juga akan semakin sedikit. Ini dia 5 jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yang sepi peminat di tahun 2018 namun punya kesempatan kerja tinggi, bisa jadi pertimbangan!

1. Administrasi Negara  

Di jurusan ini, kita bisa mempelajari tiga eleman dalam negara, yiatu fungsi legislatif, yudikatif dan eksekutif. Di antara jurusan IPS yang lain, bisa dikatakan jurusan ini termasuk yang sepi peminatnya.

Tapi meskipun sepi peminat, tapi passing grade untuk bisa lolos jurusan ini juga cukup sulit lho ternyata. Dilansir dari laman mamikos.com, data 2017 bisa lolos di jurusan ini harus melewati passing grade 45,30% di Universitas Padjajaran dan 42,7% di Universitas Indonesia.

2. Sastra Rusia 

Jurusan Sastra Rusia juga salah satu yang punya sepi pemintanya jika dibandingkan dengan sastra bahasa lainnya seperti Sastra Inggris bahkan Sasta Korea.

Padahal kalau kamu bisa mengusai bahasa Rusia yang terkenal sangat sulit, kita bisa jadi orang yang banyak diminta jasa penerjemahnya lho di masa yang akan datang. Bisa jadi, orang Indonesia yang bisa bahasa Rusia nanti hanya sedikit jadi kalau ada hal yang ebrkaitan dengan bahasa Rusia akan kita lah yang dicari.

3. Aktuaris 

Karena perkembangan bidang asuransi di Indonesia semakin baik, maka akan banyak juga instansi yang membutuhkan orang yang ahli di bidang Aktuaris.

Kerjanya adalah seorang tenaga ahli yang bisa menghitung resiko sekaligus biaya bagi perusahaan asuransi.

 4. Filsafat 

Ilmu Filsafat di mana kita bisa menggunakan logika berpikir dan bahasa yang mendalam. Lulusan dari jurusan ini banyak juga yang berkecimpung di dunia ilmu pengetahuan. Atua bisa jadi penasehat dalam penelitian ataupun bagi penasehat negara lho, keren kan!

  5. Ilmu Perpustakaan

Kamu pasti terbayangnya kalau masuk jurusan ini nanti kerjanya merapihkan buku-buku di perpustakaan ya? Padahal lulusan ini bisa meniti karir lebih dari itu!

Di jurusan ini, kita bisa belajar tentang cara pengumpulan, pengorganisasian dan juga penyebarluasan sumber informasi yang ada di perpustakaan.

Lulusan ini nantinya akan diarahkan menjadi tenaga ahli bagi semua jenis perpustakaan dan lembaga informasi, lembaga arsip, lembaga manajemen rekod, serta lembaga dokumentasi.

Setiap perusahaan itu pasti ada dukumennya ya, dan itu jumlahnya bisa satu ruangan atau lebih isinya dokumen semua. Nah, kamu yang lulusan ilmu perpustakaan akan ahli di bidang ini nih. Bayangkan kalau semua perusahaan butuh tenaga kerja ini, maka peluang kerja yang akan kamu dapatkan bisa semakin lebar karena lulusan ini enggak banyak disebabkan sepi peminat.

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-8318142825430312565", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel