loading...

Menilik Status Kewarganegaraan Cinta Laura

[Bintang] Cinta Laura

Bintang.com, Jakarta Merupakan keturunan blasteran Indonesia-Jerman, kewarganegaraan Cinta Laura acap kali dipertanyakan tak sedikit orang. Bahasan ini bahkan cukup sering menyeruak dan membuat banyak orang salah kaprah.

Seperti belum lama ini, Cinta kedapatan menyuarakan selamat untuk Dirgahayu Republik Indonesia ke-73 pada 17 Agustus lalu. Kalimat yang dituliskankan gadis 25 tahun ini di akun Twitter-nya membuat netter bertanya soal status kewarganegaraannya.

Menjawab rasa penasaran warga dunia maya, ibunda Cinta, Herdina Kiehl, menegaskan bila putrinya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Status ini disandang Cinta setelah cukup banyak 'drama' dan pertimbangan.

Sebagaimana diketahui, lantaran lahir dari orangtua berbeda warga negara, yakni sang ibu merupakan WNI dan ayahnya warga negara Jerman, Cinta kecil memiliki dua kewarganegaraan. Namun, status ini tentu tak bisa berlangsung selamanya.

Namun demikian, Cinta Laura sempat menuturkan, dirinya berkeinginan terus memiliki dua kewarganegaraan. "Saya cinta Indonesia. Mami saya orang Indonesia dan saya bangga jadi orang Indonesia. Saya berharap tetap boleh punya dua kewarganegaraan," tuturnya kala itu sebagaimana dikutip dari CNN, Senin (20/8).

Sempat Punya Dokumen Affidavit

Punya dua kewarganegaraan ini masih sah sampai usia Cinta Laura menjejak minimal 18 tahun dan maksimal 21 tahun. Selama belum 'jatuh tempo', cinta memiliki dokumen affidavitbukti bahwa ia secara terbatas boleh punya kewarganegaraan ganda.

Hal ini sempat terungkap ketika Cinta pulang ke Indonesia setelah menempuh pendidikan tinggi di Columbia University, New York, Amerika Serikat. Pasal, Cinta yang malang-melintang di Indonesia kala itu 'menggelitik' pihak imigrasi.

"Dikira Cinta nggak punya paspor Indonesia lagi. Tadi diberikan penjelasan bahwa Cinta dengan affidavit bisa masuk ke Indonesia tanpa visa walaupun menggunakan paspor Jerman," tutur sang ibunda kala itu.

Pilih Jadi WNI

Hingga pada akhirnya Cinta Laura tak lagi bisa 'berlindung' di balik dokumen affidavit, pelantun lagu Oh Baby ini memutuskan untuk melepas kewarganegaraan Jerman dan sudah secara resmi menjadi WNI.

"Budaya Indonesia itu paling unik di dunia. Saya bangga punya darah Indonesia. Saya akan selamanya punya paspor Indonesia. Saya benar bersyukur jadi WNI," Cinta pernah berkata menegaskan status kewarganegaraannya.

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-5650782763361933194", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel