loading...

Kisah Pria yang Mengidap Kanker Payudara dan Menerimanya dengan Ikhlas

KANKER payudara merupakan salah satu penyebab kematian utama pada wanita. Namun tahukah Anda bahwa jenis kanker ini juga bisa diidap oleh pria?

Sayangnya belum begitu banyak pria yang mewaspadai kanker ini. Selain karena prevalensinya terbilang kecil, edukasi yang diberikan pun masih tergolong kurang. Mungkin kisah dari Bret Miller ini bisa dijadikan pembelajaran.

Pria yang tinggal di Kansas City, Amerika Serikat itu menemukan benjolan pada payudaranya ketika berumur 17 tahun. Tapi pada saat itu dokter mengatakan bahwa kemungkinan benjol itu timbul karena penumpukan kalsium. Seiring berjalannya waktu, kondisi yang dialaminya semakin parah. Puting payudaranya mengeluarkan cairan dan membuat Bret memutuskan untuk kembali memeriksakan diri ke dokter.

Hasil pemeriksaan mengungkapkan bila dirinya terkena kanker payudara. Pada saat itu Bret berusia 24 tahun dan mengaku terkejut.

Saat saya berada di dalam mobil, saya hanya bertanya-tanya, Apakah ini nyata? Apakah saya menjadi marah? ungkapnya seperti yang dikutip Okezone dari Mens Health, Senin (27/8/2018).

 

Tapi Bret tidak berlarut-larut dalam keterkejutannya. Dia memiliki keyakinan bila benjolan pada payudaranya hilang, maka kankernya juga akan hilang. Untuk itu dia memutuskan melakukan operasi di tangan dokter bedah yang sudah menangani 12 pasien dengan kasus sama.

Dia mengatakan hampir setiap pria yang dia operasi telah mengambil cuti, sembuh, dan kembali bekerja seperti semula, ujarnya.

Di hari operasinya, ahli bedah menarik ibu Bret dan mengatakan agar dirinya mempersiapkan kemungkinan terburuk.

"Menurut ahli bedah ada kemungkinan kanker bisa ada di mana-mana, bukan hanya di benjolan karena kanker bisa bermetastasis. Saya tidak tahu perkataan itu hingga satu hari kemudian dan merasa sangat terkejut. Beruntung para ahli melakukan tes biopsi sentinel selama operasi untuk melihat penyebarannya dan ternyata tidak ada, jelas Bret.

 

Bret menjalani operasi yang membuat ahli bedah mengambil puting serta satu inci di sekitar puting termasuk jaringan payudara dan kelenjar getah bening. Seusai menjalani operasi, dirinya kemudian berpikir untuk membagikan kisah hidupnya agar semakin banyak pria yang lebih peduli terhadap kanker payudara.

Dia mencoba menghubungi pria lain bernasib sama dan mendirikan lembaga nonprofit guna meningkatkan kesadaran tentang kanker payudara pada pria serta memberikan dukungan kepada mereka yang didiagnosis penyakit serupa.

Bagi pria mungkin terasa sangat memalukan bila terkena payudara. Tetapi kita perlu menyadari kondisi tubuh setiap saat. Jadi bila pria merasakan benjolan apa pun, tidak peduli di mana itu, payudara maupun testis, segeralah periksakan ke dokter.

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-8432020738962562245", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel