loading...

John McCain Dikebumikan di Samping Makam Sahabatnya

Senator Partai Republik John McCain dimakamkan pada Minggu (2/9) di tempatnya mengenyam pendidikan, Akademi Angkatan Laut Amerika Serikat Annapolis, Maryland. Jasadnya akan dikebumikan di samping makam sahabatnya, Laksamana Chuck Larson, atas permintaan keduanya ketika masih hidup.

Pemakaman McCain adalah akhir dari prosesi sepekan penghormatan terakhir untuk pahlawan Perang Vietnam itu. McCain meninggal dunia di usia 81 tahun pada 25 Agustus lalu akibat kanker otak yang dideritanya sejak lama.

Sehari sebelumnya, prosesi pembacaan eulogi atau pujian untuk mendiang diadakan di Washington DC dengan tokoh-tokoh besar seperti Barack Obama dan George W Bush naik ke atas mimbar. Samar namun pasti, eulogi untuk McCain menyiratkan satire untuk Presiden AS Donald Trump yang tak diundang karena berseteru dengan McCain.

Pemakaman pria yang pernah dua kali jadi kandidat presiden AS ini digelar secara militer. Empat jet tempur F-18 dari armada Malaikat Biru AL melakukan manuver akrobatik sebagai bentuk penghormatan terakhir. 

Keluarga, kerabat, dan sahabat turut hadir dalam pemakaman tersebut mengucapkan perpisahan terakhir. "Saya menyaksikan mereka memakamkan sahabat saya hari ini. Saya akan merindukannya," kata Senator Jeff Flake yang bersama dengan McCain di Kongres mewakili Arizona.

McCain dimakamkan disamping teman sekelas dan sahabatnya Chuck Larson, mantan komandan Armada Komando Pasifik AS yang meninggal pada 2014. Mereka sekamar ketika menempuh pendidikan angkatan laut dan lulus bersama pada 1958. 

Menurut istri Larson, Sarah, suaminya telah mengatakan ingin dimakamkan berdampingan dengan McCain sejak 20 tahun lalu. Bahkan Larson telah menyiapkan empat lahan pekuburan untuk dirinya, McCain, dan istri-istri mereka.

McCain dan Larson bersama menempuh pendidikan, namun keduanya berpisah jalan dalam rentang kariernya. McCain menjadi pilot pesawat tempur AL, sementara Larson di kesatuan kapal selam. Kendati demikian, hubungan keduanya tetap erat.

Dalam memorabilia McCain yang dirilis Mei lalu, dia juga menyatakan ingin dimakamkan di samping Larson, bukan di Pemakaman Nasional Arlington tempat ayah dan kakeknya -keduanya laksamana AL- dimakamkan.

"Aku ingin mencium harum mawar yang tertiup angin dan merasakan hangat mentari di pundak," tulis McCain.

"Aku ingin menyaksikan elang berburu dari pohon ara, dan mengistirahatkan diriku di dekat sahabat lamaku Chuck Larson, di pemakaman Severn, di tempat semuanya bermula."

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-1645396842860275608", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel