loading...

Coba Perhatikan, Mengapa Karakter Kartun Hanya Memiliki Empat Jari Nih Alasannya

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana karakter kartun hanya memiliki ibu jari dan tiga jari, bukan lima? Ini khasnya film kartun. Terlihat biasa dan kita cenderung mengabaikannya. Mereka yang hanya memiliki empat jari di antaranya Mickey Mouse, Homer Simpson, SpongeBob SquarePants, Looney Tunes, Flintstones, Tom dan Jerry, Jin di Aladdin, dan begitu banyak karakter animasi lainnya.

Mengapa para animator harus membuatnya seperti itu?

Menghilangkan satu jari membuat perbedaan yang sangat besar

Menurut Animator Disney, Dan Povinmiere dan Jeff "Swampy" Marsh, yang pernah mendapatkan penghargaan Emmy Award, dalam sebuah videonya di BBC.com, menjelaskan tentang karakter Milo, bintang baru dalam animasi Disney.

Jeff menjelaskan bahwa menggambar jari adalah hal 'sulit'. Meski terlihat mudah, secara teknis, untuk menjaga konsistensi animasi, dalam satu detik harus ada 24 gambar. Menghilangkan satu jari saja sudah membuat perbedaan yang sangat besar.

Menggambar empat jari lebih simple

Dalam era film kartun yang masih digambar menggunakan tangan, menghilangkan satu jari akan sangat menghemat banyak waktu, dan perusahaan akan menghemat biaya karena animator tidak perlu disibukkan dengan estetika jari agar terlihat seperti manusia biasa.

Banyak animasi di periode awal, tokoh yang ditampilkan selalu berdesain karakter bulat, yang sebagian besar terdiri dari lingkaran-lingkaran seperti Felix The Cat dan Mickey Mouse, tidak meninggalkan banyak ruang gambar untuk jari-jari yang bulat pada satu telapak tangan.

Walt Disney mengatakan, Menggunakan lima jari akan membuat tangan Mickey Mouse terlihat seperti sekelompok pisang,. Walt Disney juga mengatakan akan menghemat jutaan dollar dan waktu tayang lebih sedikit dibanding dengan menggambar lima jari.

Menggambar karakter empat jari dirasa lebih simpel. Meski ada pula yang menggambar tiga jari, namun itu dirasakan kurang pas kecuali untuk karakter tertentu seperti alien. Namun kalau kita perhatikan, kenapa karakter anime Jepang memakai lima jari?

Dilansir dari AVCLUB.com - ChannelFrederator di Youtube, di Jepang simbol angka empat menunjukkan kematian. Karakter empat jari diangggap diskriminasi dan menghina budayanya, dan ini juga menyangkut tradisi takhayul Yakuza, yang memotong kelingkingnya hingga tinggal empat jari sebagai simbol permintaan maaf.

Isunya, pihak Disney juga membayar retribusi kepada kelompok pelobi untuk menghindari kontroversi atas karakter mereka yang memiliki empat jari agar filmnya bisa tayang di Jepang. Jadi, di Jepang umumnya karakter kartun memakai lima jari, bukan empat jari.

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-2787976319275465145", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel