loading...

10 Titik Rawan Kemacetan yang Jadi Perhatian NTMC Polri

Reza Jurnaliston

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Posko Operasi Ketupat 2018 Polri, Kombes (Pol) Eddy, menuturkan ada 10 yang titik rawan macet selama arus mudik Lebaran 2018 yang menjadi prioritas perhatian Polri.

"Pertama tol Jakarta-Cikampek, ada bottleneck, ada rest area. Itu yang sudah kami ajudikasi apabila terjadi kemacetan," kata Eddy saat ditemui di gedung National Traffic Management Centre (NTCM) Polri, Jakarta, Selasa (12/6/2018).

"Beberapa hari kemarin terjadi penumpukan, pemadatan. Kami melakukan contraflow untuk melancarkan arus," ujar dia.

Kedua, Eddy mengatakan, kemacetan juga rawan terjadi di pintu gerbang Tol Palimanan. Gerbang tol ini menjadi titik kemacetan karena sebagai pintu keluar dari Tol Cipali.

Rencananya seluruh gardu di gerbang tol tersebut akan dibuka untuk mengurai antrean yang kerap terjadi jelang gerbang tol.

Akan tetapi, sampai pukul 12.00 WIB dari pantauan virtual yang ada CCTV masih terlihat ramai lancar.

"Sampai sekarang itu masih bisa dikendalikan," kata Eddy.

Ketiga, titik rawan kemacetan adalah gerbang tol Kertasari di Tegal, Jawa Tengah. Gerbang tol ini menjadi titik rawan kemacetan karena hanya memiliki 13 gardu saja.

Keempat, titik rawan kemacetanada di jembatan Kalikuto di Gringsing, Batang, Jawa Tengah. Ini disebabkan jembatan belum jadi, sehingga terjadi pelambatan kendaraan.

"Akan ada turunan dan tikungan tajam, karena orang-orang melakukan pelambatan sehingga pasti akan ada antrean. Tetapi antrean itu masih berjalan, roda masih berputar sehingga masih diatasi lebih dini," kata Eddy.

Kelima, tol Manyaran-Krapyak di Semarang. Menurut dia, sampai saat ini belum ada kemacetan atau penumpukan pemudik di ruas jalan tersebut.

"Sampai sekarang laporan dari Pak Dirlantas dan tim asistensi kami itu belum juga ada hambatan yang berarti," ucap dia.

Keenam, tol Karangsawah Bumi Ayu di daerah Brebes, Jawa Tengah. Berikutnya, titik kemacetan keenam dan ketujuh adalah Pelabuhan Merak di Banten dan Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur.

Sampai saat ini, kata Eddy, di kedua pelabuhan tersebut belum menunjukkan kelonjakan penumpang.

"Sekarang laporan juga masih bagus, landai, keluar masuknya di pintu pelabuhan masih bagus," kata Eddy.

Titik rawan kemacetan kesembilan adalah Timbangan Gentong yang ada di jalur selatan Jawa Barat. Ia mengatakan, jalur timbangan tersebut terkenal dengan jalan yang berliku di daerah pegunungan.

Kesepuluh, kata Eddy, adalah tempat istirahat ataurest area di sejumlah jalan tol di Jawa. Menurut dia, rest area merupakan titik rawan kemacetan pada saat arus mudik Lebaran 2018.

"Rest area karena memang karena ada keterbatasan daya tampung. Ada masyarakat yang pengin masuk ke situ untuk keperluan sesuatu dan lain hal," kata dia.

"Dan ada masyarakat yang berhenti di bahu jalan yang menjadi salah bentuk perhatian kita," ucap Eddy.

Hingga H-3 Lebaran 2018, belum terlihat kepadatan arus lalu lintas yang signifikan. Ia juga menyatakan, polisi telah melakukan antisipasi untuk mengatasi terjadinya kepadatan arus mudik di berbagai daerah.

"Cara bertindak sudah dipersiapkan dan kami latih ke anggota Korlantas maupun anggota satuan wilayah baik di Polda, Polres," kata dia.

Penulis: Reza JurnalistonEditor: Bayu Galih

Related Posts

", numPosts: 4, summaryLength: 370, titleLength: "auto", thumbnailSize: 250, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w250-h250-c/no-image.png", containerId: "related-post-6885193194928284320", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel