Ads Top

Yuk, Tengok Potret Kehidupan Komunitas Muslim di China


Mungkin hanya sedikit foto yang muncul kepermukaan dari kehidupan muslim di daratan China, atas kegelisahan itu seorang fotografer asal China mengabadikan dan mendokumentasikan kegiatan dan berbagai sarana ibadah kaum muslim di China.


Eid al-Fitr13Fotografer Lee Jian dibesarkan di sebuah keluarga Muslim di Beijing. Mulai tahun 2013, Ia mulai mendokumentasikan berbagai tradisi dan hari libur yang dipraktekkan dan dirayakan oleh komunitas Muslim di seluruh daratan China.


Eid al-Fitr9Lee memulai dokumentasinya di Beijing, lalu pindah ke kota kota di seluruh negeri tirai bambu itu, seperti Henan, Hebei, Ningxia, Jilin, Liaoning, Shanxi dan Hubei.


Eid al-Fitr8Dia mengambil total lebih dari 3.000 gambar, merinci arsitektur berbagai masjid yang ada di China, atmosfer dan suasana pada saat ibadah sholat dilaksanakan dan bagaiamana suasana liburan seperti hari raya Idul Fitri, yang menandai akhir bulan Ramadhan.


Eid al-Fitr5Seri kumpulan foto foto ini hanyalah sekilas dari keseluruhan cerita yang ingin Lee Jian sampaikan kepada dunia. Ia berharap dunia dapat melihat indahnya Muslim yang ada di daratan China.


Eid al-Fitr4Lee mengatakan, Ada lebih dari 30.000 masjid di China dengan lebih dari 20 juta Muslim dari setidaknya 10 kelompok etnis yang berbeda. Tugas saya adalah untuk mendokumentasikan kehidupan Muslim dengan cara yang tulus dan penuh welas asih baru saja dimulai. Inilah motivasi dan tujuan saya yang akan tetap saya perjuangkan.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.