Ads Top

Subhanallah, Ternyata Dosa Dapat Dihapus dengan Sedekah!


images-1-620x480


Sebesar apapun dosa kita, Allah akan mengampuni dan menghapus dosa-dosa tersebut asalkan kita bertaubat memohon ampun kepada Allah SWT dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Namun bagaimana jika kita berbuat sesuatu yang tidak kita sadari bahwa itu adalah perbuatan dosa? Bagaimana cara menghapusnya?


Mungkin masih kita ingat kisah tentang wanita tukang zina dari Bani Israil. Suatu hari ketika ia berjalan melewati sebuah sumur, ia melihat seekor anjing berputar-putar sembari menjulurkan lidahnya ke tepian sumur tersebut karena kehausan. Kasihan melihat anjing yang hampir mati kehausan, wanita itu mengambil air dari sumur dengan sepatunya, lalu memberi minum anjing tersebut.


images-3-620x480


Tak lama kemudian wanita pezina yang penuh dosa itu meninggal. Meskipun wanita tersebut mencari nafkah dengan menjual diri, namun Allah mengampuni seluruh dosanya sebab ia telah bersedekah dengan memberi minum seekor anjing. Seorang wanita pezina diampuni dosanya karena memberi minum seekor anjing yang kehausan. (Mutaffaq Alaih).


Ada juga sebuah hadis yang menggambarkan dosa itu ibarat api, sedangkan sedekah itu ibarat air yang dapat memadamkan api. Sedekah itu menghapuskan keburukan (kesalahan atau dosa) sebagaimana air yang memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).


images-2-620x480


Selain dua hadis di atas, masih banyak lagi hadis-hadis yang menerangkan bahwa dosa dapat terhapus dengan sedekah. Oleh sebab itu, jika kita ingin menghapus dosa-dosa yang tidak sadar kita telah melakukannya, maka hapuslah dosa-dosa tersebut dengan banyak bersedekah. Wallahu Alam.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.