Ads Top

Sudah Tahu Kreasi Gudeg Jogja Ini Kamu Sudah Cicipi yang Mana


smart-money.co

Umumnya, masyarakat mengenal dua jenis gudeg, yaitu kering dan basah. Karena hanya sampai proses perebusan, maka disebut gudeg basah. Sedangkan gudeg kering harus ditumis hingga kering. Nah, selain itu jenis kuliner ini dikelompokkan dari bahan bakunya. Apa sajakah macamnya?


Gudeg Nangka atau Gori


theboxsceneproject.org

Jenis gudeg ini banyak disajikan di rumah makan, dan juga kaki lima. Kawasan jalan Wijilan dikenal sebagai pusat kuliner ini. Selain bahan utama ini, ditambahkan pula tempe, tahu, telor, dan ayam. Tambahan kuah santan untuk gudeg basah.


Gudeg Rebung


panduanwisata.id

Varian gudeg ini biasanya tidak dijual di restoran atau rumah makan. Karena biasanya hanya dibuat untuk sajian di rumah. Rebung adalah tunas bambu, yang rasanya juga tak kalah nikmat dengan gudeg berbahan nangka.


Gudeg Manggar


noezatravelfood.blogspot.co.id

Jenis gudeg manggar dianggap yang paling spesial. Statusnya lebih tinggi dibandingkan kedua varian di atas. Jadi biasanya dikatakan gudeg elit. Karena gudeg ini hanya disuguhkan kala ada cara khusus atau pesta. Biasanya disajikan saat pesta pernikahan anak Sultan. Mangar adalah bunga kelapa yang masih muda.


Penasaran dengan rasanya, yuk liburan ke Jogja! Sembari mengunjungi tempat-tempat eksotis, kamu bisa sekaligus menikmati gudeg khas Jogja.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.