Ads Top

Senam Otak Kanan untuk Menyeimbangkan Otak Kiri dan Kanan


brain-1787622__340


Foto: pixabay.com


 


Stres kerja membuat otak manusia tidak seimbang. Akibatnya pikiran jadi kacau dan mudah kesal. Bicara pun tidak nyambung dan pekerjaan pun jadi terbengkalai. Itu tandanya kita selama ini hanya menggunakan sebagian otak secara terus-menerus. Lama kelamaan bila dibiarkan saja bisa membuat otak tumpul saat makin menua.


Bila Anda juga mengalaminya, maka ini saatnya untuk menyeimbangkan kembali otak kiri dan otak kanan Anda. Tak perlu cara yang rumit atau biaya mahal. Karena ada langkah mudah untuk menyetel otak agar seimbang dan berpikir jernih kembali. Berikut senam otak kanan yang bisa Anda lakukan sendiri kapan dan dimana saja.


Sering bepergian


Jalan-jalan cuci mata saat suntuk baik untuk menyegarkan pikiran. Cari tempat-tempat yang baru untuk menstimulasi otak Anda. Kalau perlu ikuti wisata unik atau mencicipi kuliner yang asing di lidah Anda.


Aktifkan fisik 


Ketika merasa kalut, Anda bisa meluangkan waktu untuk pergi ke gym, main tennis, bulutangkis, berenang, atau bertanding sepakbola bersama keluarga atau teman-teman Anda. Pilih olahraga yang sesuai dengan kegemaran Anda atau coba jenis olahraga baru yang lebih menantang. Bisa juga dengan berjalan kaki secara rutin, tai chi, senam, atau yoga, terserah Anda.


Coba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan


Berusahalah untuk aktif di masyarakat dengan melakukan kegiatan baru atau mempelajari keahlian baru. Bertemu dengan banyak orang dan mengaplikasikan keahlian Anda kepada orang lain akan membuat Anda jadi lebih kreatif. Pelajari gerakan senam otak (brain gym) dan peta pikiran (mind mapping) untuk menyeimbangkan otak Anda.


books-441866_960_720


Sudah baca buku hari ini? (Foto: pixabay.com)


Perluas genre bacaan Anda


Pastikan kalau Anda selalu membaca buku. Anda bisa mencampurkan fiksi dan non fiksi. Kunjungi perpustakaan atau bursa buku murah untuk mendapatkan buku-buku motivasi, keterampilan baru dan sebagainya. Bisa juga dengan mengunduh aplikasi untuk membaca buku dari internet atau bergabung dengan komunitas pembaca buku.


mathematics-1282319__340


Permainan rubik. (Foto:pixabay.com)


 


Bermain puzzle, teka-teki dan kuis


Ujilah otak Anda setiap hari dengan puzzle, teks-teki dan kuis. Anda bisa membeli mainan puzzle untuk orang dewasa, membeli buku teka-teki silang, atau saat menonton Anda bisa ikut-ikutan menjawab kuis di televisi. Pelajari pula cara bermain rubik, catur, kartu remi atau permainan otak lainnya. Dengan begitu daya pikir Anda akan semakin meningkat.


Semakin cepat Anda mulai memelihara otak, maka semakin baik bagi kinerja dan daya ingat Anda.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.