Ads Top

Lakukan 7 Kiat Ini Agar Tubuh Mendapatkan Gizi Seimbang


nutrition


Kita perlu memperhatikan keseimbangan gizi dari makanan yang kita konsumsi. Karena gizi yang seimbang dapat mendukung tubuh kita dan menjaga kualitas kesehatan. Anda dapat melakukan beberapa kiat berikut untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh ;


Makanlah Makanan yang Mengandung Kecukupan Energi


Energi diperlukan agar kita dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belajar, berolahraga, kegiatan sosial, dan lain-lain. Untuk itulah kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung sumber karbohidrat, protein dan lemak. Kecukupan energi dalam tubuh dapat dilihat dari berat badan yang normal.


Makan Beraneka Ragam Makanan


Hidangan makanan yang beraneka ragam dapat terdiri dari makanan pokok, sayur-sayuran, buah dan lauk pauk setiap harinya.


Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Zat Besi


Zat besi merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembentukan sel darah merah, Kekurangan zat besi secara berkelanjutan dapat menyebabkan anemia atau kurang darah,


Biasakan Makan Pagi


Ketika sarapan pagi, kita dianjurkan mengonsumsi karbohidrat yang mudah dicerna dengan jumlah yang relatif kecil. Sarapan sangat penting bagi persediaan energi untuk mengawali hari.


Cukupi Kebutuhan Air Dalam Tubuh


Air memiliki fungsi yang penting di dalam tubuh. Diantaranya, mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, dan melancarkan proses buang air besar dan kecil. Minimal, kita meminum air 8 gelas setiap hari atau setara dengan 2 liter. Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi serta meningkatkan resiko batu ginjal.


Hindari Minuman Beralkohol


Alkohol dapat menghambat penyerapan zat gizi. Selain itu, alkohol dapat meningkatkan resiko terjadinya kerusakan hati serta saraf otak dan jaringan.


Lakukan Aktifitas Secara Teratur


Aktifitas fisik penting bagi setiap orang. Tubuh akan terasa lebih bugar, mencegah penuaan dan meningkatkan fungsi otot dan jantung, serta mencegah kelebihan berat badan.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.