Ads Top

Ini Sejarah dari Warna Hijau yang Ada di Jersey Timnas Indonesia

HAI-ONLINE.COM - Mungkin banyak orang yang bertanya, kenapa, sih, jersey Timnas Indonesia harus ada warna hijaunya? Sedangkan bendera Indonesia saja merah putih, nggak ada warna hijaunya.

PSSI melalui akun Twitter resminya mencoba memberikan informasi mengapa ada warna hijau yang selalu menghiasi jersey skuat Merah Putih.

Menurut PSSI, warna hijau wajib ada pada jersey timnas Indonesia.

Sebab, hijau merupakan warna kebesaran dari PSSI.

Hal itu sesuai dengan Statuta PSSI Pasal 2 ayat 6.

"Bendera PSSI berwarna hijau dengan logo PSSI," tulis penjelasan PSSI.

Tak hanya menjelaskan itu, PSSI juga sedikit flashback kapan warna hijau menghiasi jersey timnas Indonesia.

Diceritakannya, pertama kalinya warna hijau hadir pada 1950-an.

Saat itu, warna hijau pada jersey timnas Indonesia sudah mulai dipergunakan.

Dari penjelasan PSSI, dengan adanya warna hijau pada seragam timnas Indonesia hampir membawa skuat Garuda melaju ke Piala Dunia 1958 di Swedia.

"Dengan jersey berunsur warna hijau tersebut, timnas Indonesia pernah hampir lolos ke Piala Dunia 1958 di Swedia setelah tampil apik di pertandingan kualifikasi," tulis PSSI.

Setelah bertahun-tahun tidak menggunakan unsur hijau di jersey timnas Indonesia, PSSI mencoba mengulanginya kembali.

Saat itu, timnas Merah Putih berlaga di Piala Asia 2007 yang kebetulan digelar di Indonesia.

Kombinasi warna hijau, merah, dan putih di bagian seragam Bambang Pamungkas dkk membuat sang Garuda mencoba berjaya di level Asia.

Pilihan warna hijau pada jersey Timnas Indonesia bukan tanpa dasar dan alasan. Warna hijau bahkan memiliki nilai historis bagi Timnas Indonesia sehingga kembali dihidupkan pada tahun 2007, dan masih digunakan sampai sekarang. Apa momen yang paling kamu ingat dari Timnas Indonesia saat menggunakan jersey berunsur warna hijau? #PSSI

A post shared by PSSI (@pssi__fai) on Mar 8, 2018 at 4:18am PST

Lawan-lawan yang dihadapi timnas Indonesia sangat berat, seperti Bahrain, Arab Saudi, dan Korea Selatan.

Namun dengan semangat yang membara timnas Indonesia berhasil mengalahkan Bahrain dengan skor 2-1 lewat gol Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Sayangnya skuat asuhan Ivan Kolev itu tidak lolos ke babak selanjutnya.

Tim Merah Putih menyerah dengan skor 1-2 dari Arab Saudi, dan tumbang dengan skor tipis 1-0 saat bersua Korea Selatan.

Dua negara yang mengalahkan timnas Indonesia dari fase penyisihan Grup D itu berhasil melaju ke semifinal, meski yang meraih gelar juara turnamen adalah Irak.

"Pada Piala Asia 2007, Indonesia kembali menggunakan unsur hijau pada jersey-nya dengan tujuan mengulang memori 1950-an saat Indonesia menjadi tim yang disegani di Asia," tulis PSSI.

Sebelumnya beberapa waktu lalu, Sekjen PSSI, Ratu Tisha sempat berbicara kepada BolaSport.com bahwa pada jersey terbaru timnas Indonesia 2018 masih akan tetap menggunakan unsur hijau di dalamnya.

Rencananya, PSSI akan meluncurkan seragam tersebut saat menggelar PSSI Aniversary Cup 2018 yang diikuti oleh Korea Utara, Malaysia, dan Bahrain, pada 28 April sampai 4 Mei mendatang.

Powered by Blogger.