Ads Top

Cara Membedakan Hijab Voal Asli dan Palsu, Menurut Dian Pelangi

Hijab berbahan voal tengah menjadi tren di kalangan perempuan Indonesia. Hijab ini dibentuk dari bahan katun tipis sehingga praktis dipakai dan tidak mudah berantakan. Karena bahannya premium, hijab voal dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni pada kisaran 200 ribu ke atas.

Sayang, ketenaran hijab voal turut menjadi bumerang. Banyak orang coba memalsukan bahan tersebut. Tidak masalah jika memang dijual dengan harga miring, namun jika hijab voal tetap dijual dengan harga yang tinggi, tentu konsumen dirugikan.

Namun di luar itu semua, pemakaian hijab voal palsu tentu mempengaruhi penampilan seseorang. Anda bisa saja merasa gerah sekaligus tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Lulu Elhasbu mengenakan hijab voal (Wida / Tabloidbintang.com)

Terkait isu tersebut, Dian Pelangi angkat bicara. Desainer ini memberikan tiga tips untuk membedakan hijab voal asli serta palsu. Bagaimana caranya?

1. Usahakan memegang langsung

Cara utama untuk membedakan hijab voal asli dan palsu adalah memegangnya. Anda langsung bisa menemukan perbandingan antara tekstur keduanya. Karena itu, Dian Pelangi menganjurkan seseorang untuk tidak melihatnya hanya dari foto.

"Kalau bahan voal itu agak tricky. Kita harus pegang dan nggak bisa lihat fotonya secara online aja. Kita harus benar-benar tahu teksturnya," ucap Dian Pelangi setelah konferensi pers Wardah: Sinar & Pijar untuk Indonesia Fashion Week 2018 di Patio, Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (15/3).

Keputusan melihat bahan voal langsung juga bisa membuat Anda tidak tertukar dengan bahan lain. "Orang biasanya suka tertukar sama bahan linen. Kalau linen, cepat lecek dan langsung ada garis-garis," lanjut Dian Pelangi.

2. Kenali tekstur bahan

Jika tidak bisa memegang langsung, Anda bisa membedakan hijab voal asli dan palsu melalui visualisasi bahan. Dian Pelangi menyebut bahan voal asli memiliki ciri khas tersendiri. "Kalau dilihat lewat foto, cara mengenalinya adalah bahan voal itu agak ada bulunya. Teksturnya halus," ujar Dian Pelangi.

Hijab voal cenderung berwarna pucat (Instagram)

3. Lihat tampilan warna

Tips terakhir berhubungan dengan warna. Menurut Dian Pelangi, hijab berbahan voal asli tidak memiliki warna menyala. Nuansanya bahkan cenderung pudar. "Kalau kita print, warnanya nggak terlalu gonjreng atau pekat. Ciri khas warnanya agak pudar. Dia nggak bisa warna strong banget," tutup Dian Pelangi.

(dira / wida)

Powered by Blogger.