Ads Top

5 Olahraga Terbaik untuk Membakar Kalori

Singkirkan lemak dengan olahraga ini.

Durasi Baca: 1 menit.

Banyak perempuan yang sudah menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan rutin berolahraga. Dengan berbagai tujuan seperti menunjang program penurunan berat badan, menjaga tubuh dari penyakit atau sekadar menjadikan rutinitas harian. Ingin mencoba olahraga yang membakar kalori lebih efektif dari gerakan lainnya? Berikut daftarnya.

BOXING

Bela diri yang diadaptasi menjadi salah satu bentuk olahraga ini adalah salah satu latihan yang memiliki banyak penggemar. Selain menghadirkan fleksibilitas tubuh, boxing juga mampu membakar lemak, membentuk otot dan memperkuat stamina tubuh. Selain itu, olahraga yang termasuk dalam latihan kardio ini mampu membakar sebanyak 500 hingga 800 kalori per jam.

ORANGETHEORY

Orangetheory adalah olahraga berintensitas tinggi yang memanfaatkan teknologi wearable untuk mendeteksi denyut jantung. Olahraga ini mengombinasikan 30 menit gerakan kardio yang dilanjutkan dengan 30 menit latihan ketahanan tubuh. Pada implementasinya, gerakan dibagi dalam 5 intensitas yang berbeda sehingga memicu denyut jantung yang menghasilkan proses metabolisme lebih cepat. Dalam satu sesi latihan orangetheory, kalori yang terbakar bisa mencapai 1.000 kalori dan proses pembakaran yang masih berlanjut 24 - 36 jam setelah sesi berakhir.

CROSS FIT

Latihan yang menggabungkan gerakan kardio dan angkat beban dalam bentuk circuit training ini sedang digandrungi banyak millennial. Dengan variasi gerakan yang beragam, latihan ini cocok dilakukan bagi Anda yang mudah bosan akan suatu hal. Tidak hanya itu, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh John Porcari, Ph.D seorang kepala Program Fisiologi Latihan Klinis,  perempuan yang secara aktif melakukan cross fit mampu membakar sebanyak 12 kalori per menit atau setara dengan 700 kalori per jam.

ZUMBA

Latihan dengan gerakan berupa perpaduan beberapa tarian seperti salsa, cha-cha dan tango ini terdengar sangat menyenangkan. Kombinasi musik yang bersemangat, koreografi yang menarik dan gerakan aktif pada seluruh tubuh menjadi daya tarik. Selain menyenangkan, ada bonus lain yang Anda dapatkan ketika rutin melakukan zumba yakni jumlah kalori yang terbakar hingga 600 kalori per jam.

HOT YOGA

Populer juga dengan nama bikram yoga, olahraga ini umumnya memiliki gerakan yang sama dengan kelas yoga biasa. Bedanya, sesi latihan dilakukan dalam ruangan bersuhu 42 - 46 C. Ruangan bersuhu tinggi bertujuan untuk mempermudah melakukan postur yang baik, meminimalkan risiko cidera dan detoksifikasi. Bonusnya, ada 350 kalori yang terbakar dalam setiap satu sesi yang Anda jalankan.

(Nisa Rahtio, foto: Freepik.com, Livestrong.com)
Powered by Blogger.