Ads Top

Tahukah Kalian Kenapa Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat Tidak Boleh Dimakan Inilah Alasannya


http://cdn2.tstatic.net

Pernahkah kalian membeli makanan di pinggir jalan atau di warung yang sudah dihinggapi lalat sebelumnya ? jika pernah, jangan ulangi lagi. Kita semua tahu jika makanan yang dihinggapi lalat tidak baik untuk dimakan namun tidak semua dari kita tahu apa alasan dibalik bahaya makanan yang sudah dihinggapi lalat.


Ada penelitian terbaru yang menyatakan jika kemungkinan lalat membawa lebih banyak bakteri yang menyebabkan penyakit berbahaya dari pada yang kita pikirkan selama ini. Seorang peneliti yang berasal dari beberapa universitas terkenal seperti Singapores Nanyang Technological University, Pennsylvania StateUniversity, dan juga Federal University of Rio de Janeiro meneliti dan mempelajari mengenai mikrobiologi di 116 rumah dan segala jenis lalat di seluruh dunia.


Dalam penelitian tersebut dikemukan bahwa lalat dapat mengangkut ratusan bakteri jahat yang berbeda beda di bagian tubuh lalat itu sendiri. Bakteri yang ada pada kaki sayap bisa berbeda dengan bakteri yang ada pada sayap lalat. Bakteri yang dibawa lalat lalat ini berasal dari tempat yang kotor maupun jorok. Bakteri yang lalat bawa bisa cepat berpindah ke tempat yang dihinggapi lalat tidak terkecuali pada makanan.


Salah seorang peneliti bernama Stephan Chuster menyatakan jika sayap dan kaki lalat memiliki bakteri yang jumlah nya sangat banyak dan mudah sekali menyebar di makanan yang dihinggapi lalat. Bakteri yang ada pindah ke dalam makanan akan masuk ke dalam tubuh kita jika makanan tersebut kita konsumsi.


Bakteri yang dibawa oleh lalat melalui makanan dapat menyebabkan penyakit diantaranya adalah diare, cholera, typhus, gatal pada kulit, maupun typhoid. Meskipun kita menghangatkan makanan yang pernah di hinggapi lalat, itu tidak menjamin bahwa bakteri dalam makanan tersebut akan mati atau hilang. Oleh karena itu, jika sudah tahu resikonya kita bisa menhindari makanan yang sudah pernah dihinggapi lalat atau makanan yang dijual dipinggir jalan secara terbuka.


Bagaimana caranya agar kita terhindar dari bakteri yang dibawa oleh lalat ?
1. Membersihkan lingkungan tempat tinggal, sehingga lalat enggan masuk atau menetap di lingkungan kita
2. Membeli makanan yang higinis dan tertutup
3. Mencuci makanan seperti buah dan sayur sebelum memakan nya
4. Lebih baik memasak sendiri makanan yang kita inginkan dari pada membeli di tempat lain untuk memastikan kebersihan nya.
5. Mencuci tangan sebelum memasak makanan atau sebelum makan.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.