loading...

Olahan Es Khas Indonesia yang Wajib Dicoba


Es Teler


Berbagai macam olahan kuliner khas Indonesia memang patut untuk dijelajahi, masing-masing daerah yang mempunyai makanan khasnya sendairi masih cukup terjaga sampai sekarang, tak hanya makanan, ada pula minuman khas Indonesia yang patut dicoba, baik minuman hangat seperti wedang, maupun minuman dingin menyegarkan yang cocok diteguk saat cuaca sedang panas. Berikut ini minuman segar khas Indonesia yang wajib dicoba.


Es Palu Butung


1. Es Palu Butung


Siapa yang tidak tahu es palu butung? Olahan es khas kota Makassar ini sangat melegenda, potongan es diletakkan di atas mangkuk dan dilapisi dengan saus yang terbuat dari campuran santan dan maizena, kemudian dihiasi dengan potongan pisang yang telah dikukus dan disiram dengan sirup manis sangat disukai masyarakat Indonesia maupun mancanegara.


Es Selendang Mayang


2. Es Selendang Mayang


Masyarakat Jakarta pasti sudah terbiasa mendengar nama Es Seledang Mayang, olahan es ini sudah mulai jarang dijual seiring perkembangan zaman, dalam semangkuk Es Selendang Mayang biasanya berisi potongan adonan tepung hunkwe, potongan es, kemudian disiram dengan air gula dan santan.


Es Brenebon


3. Es Brenebon


Pecinta kacang merah wajib mencoba yang namanya Es Brenebon, olahan es khas Manado ini sangat disukai masyarakatnya, es ini biasanya terbuat dari kacang merah dicampur dan ditaruh serutan es batu dan susu kental manis yang menggugah selera.


Es Sinom


4. Es Sinom


Es Sinom adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari Sinom atau daun asem yang direbus dengan gula jawa, kunyit, dan asam jawa, karena menggunakan bahan-bahan herbal minuman ini cocok diminum secara rutin karna bermanfaat untuk kesehatan.


Semoga bermanfaat



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel