Ads Top

Wajib Tahu! Inilah 5 Pekerjaan Narapidana di Penjara


Apa yang kamu pikirkan saat seorang penjahat ditangkap dan dimasukan ke dalam penjara? Apa yang mereka lakukan selama dalam penjara? Terlintas dalam pikiranmu, mungkin mereka hanya makan dan tidur di dalam sel. Tetapi, di beberapa negara, para narapidana diberikan pekerjaan dan pelajaran di dalam sel.


Tujuannya untuk mengembangkan keterampilan mereka dan memberikan bekal untuk mereka saat bebas dari penjara nanti. Berikut ini adalah pekerjaan yang dilakukan oleh para narapidana di dalam penjara.


Sumber Foto : Riau Online


1. Petugas Kebersihan


Tidak ada tempat di mana pun yang tidak akan membutuhkan petugas kebersihan, begitu juga di dalam penjara. Pekerjaan petugas kebersihan di dalam penjara adalah hal paling penting,


Menyapu dan mengepel adalah tugas pokok untuk para narapida. Bahkan, beberapa penjara ada yang berfungsi sebagai pembuangan limbah yang kemudian dikelola oleh para narapida.


2. Pelatih Hewan


Pekerjaan melatih hewan ini diharapkan dapat memperbaiki psikologi para narapida. Dengan membiasakan sikap baik kepada para hewan, diharapkan ini bisa membantu para narapida untuk dapat bersikap baik saat keluar dari penjara.


3. Memasak


Sumber Foto : Planet Merdeka

Di tempat mana pun hampir selalu ada dapur, termasuk di dalam penjara. Di sini mereka diajarkan cara memasak, memotong, dan menghias makanan dengan baik dan diajarkan lansung oleh para koki.


4. Kewiraswastaan


Para kriminolog diseluruh dunia berpendapat bahwa lebih menguntungkan memberikan edukasi ketimbang menghukum mereka di dalam penjara. Di penjara Finlandia, bahkan para tahanan diberi akses internet untuk mempelajari materi pelajaran yang dibutuhkan. Jadi, saat para narapida keluar dari penjara, dapat memanfaatkan ilmu mereka ketimbang kembali menjadi penjahat.


5. Teknologi Informasi


Siapa pun tidak akan menyangka bahwa seorang narapidana diberikan pelatihan pemograman. Di zaman yang semakin maju, banyak perusahaan yang membutuhkan seorang IT. Ini dimanfaatkan oleh beberapa penjara dunia dengan mendatangkan ahli untuk mengajarkan para tahan dalam membuat program.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.