Ads Top

Olahraga Kecil di Tempat Kerja untuk Membuatmu Tetap Fit Saat Berpuasa


Berpuasa merupakan aktifitas sederhana yang banyak menguras energi. Khususnya, puasa di Bulan Ramadhan. Dimana selama 30 hari berturut-turut kita dituntut untuk menahan nafsu lahir dan batin, mulai dari waktu Subuh hingga Maghrib.


Contoh nafsu lahir adalah makan, minum, berhubungan sexual, dan merokok. Sedangkan, nafsu batin adalah bergosip, marah, dan berbohong.


Maka, sekali lagi, wajar jika kita yang sedang berpuasa menjadi kian lemas setiap harinya. Tapi, benarkah kita tidak bisa melakukan apapun hanya karena sedang berpuasa? Jawabannya, tentu saja tidak.


olahraga


Untuk mengembalikan energi kita, ternyata ada banyak cara selain tidur, yaitu dengan berolahraga. Kita masih bisa melakukan olahraga kecil saat berada di tempat kerja atau di sekolah. Simak tipsnya berikut ini:


1. Membiasakan diri untuk naik-turun tangga ternyata banyak manfaatnya dibandingkan dengan baik lift.


2. Sesekali dengan sengaja mengangguk dan menggelengkan kepala, mampu mengusir rasa kantuk, mengurangi letih, dan melepaskan ketegangan leher.


3. Melemaskan pundak dengan cara menaikkan dan menurunkan bahu sebanyak 5 kali, dan disertai dengan menghirup nafas panjang, kemudian menghembuskannya secara perlahan.


4. Berdiri dan duduk secara berulang-ulang, dan dilanjutkan dengan memutar tubuh bagian atas ke kanan dan ke kiri, bisa menghindarkan kita dari serangan nyeri punggung.


5. Memeluk diri sendiri juga bisa mencegah sakit punggung. Caranya persis seperti saat kita ingin memeluk seseorang. Hanya saja orang itu kita jadikan sebagai sosok imajiner.


6. Sholat tepat waktu, dinikmati, dan tidak tergesa-gesa bisa membantu darah mengalir sambil membawa oksigen yang telah bercampur dengan sari makanan yang diperlukan tubuh sesuai porsinya.


7. Mengaji atau baca Quran mampu meningkatkan daya konsentrasi dan fokus sebanyak 2 kali lipat. Dengan catatan, membaca Quran dengan suara yang bisa didengar oleh kedua telinga ya, bukan di dahan hari.


Bagaimana? Sangat mudah bukan? Hal ini bisa kita lakukan secara mandiri lho. Dan cukup efektif untuk mengembalikan vitalitas atau mengisi ulang tenaga kita walaupun tanpa makan dan minum.


Fyi, berdasarkan penelitian di Jepang, tubuh kita memiliki sistem kerja yang unik. Tubuh bisa mengubah lemak pada tubuh menjadi energi sesuai dengan kadar semangat hidup kita.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.