Ads Top

Ini Dia 3 Kuliner Makassar yang Wajib Dicoba


Jika mengunjungi sebuah kota, memang tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas kota tersebut, apalagi kota Makassar, kota yang menyediakan banyak kuliner khas yang sangat lezat dan sangat menggugah selera.


Inilah 3 kuliner khas Makassar yang wajib dicoba :


1. Coto Makassar


http://resepcaramemasak.com

Coto Makassar merupakan makanan khas Makassar yang paling terkenal dibandingkan dengan makanan yang lain.


Coto Makassar mempunyai nama lain yaitu Coto mangkasara. Coto Makassar terbuat dari bahan utama yaitu jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan yang bercampur daging sapi ini kemudian di iris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.


Kuliner khas Makassar ini biasa dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan menggunakan ketupat dan burasa.  Sampai saat ini, Coto Makassar sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai dari warung pinggiran jalan hingga restoran.


2. Sup Konro


http://resepmasakankuliners.blogspot.co.id

Sup Konro adalah masakan tradisional khas Makassar yang terbuat dari iga sapi atau daging sapi. Sup Konro berwarna coklat gelap, warna gelapnya itu berasal dari buah kluwak yang memang berwarna hitam. Selain itu, Sup Konro rasanya sangat kuat, rasanya yang kuat itu akibat dari digunakannya ketumbar.


Masakan khas Makassar ini ternyata dusah dikenal sejak tahun 1960an loh.. Dahulu, Sup Konro dikenalkan oleh seorang guru yang Hanafing. Pada tahun 1962, lelaki itu memulai usaha Suo Konro di area lapangan Karebosi, Makassar. Dan hanya dalam kurun waktu delapan tahun, racikan Hanafing dan kelezatan Sup Konro sudah semakin terkenal.


Sup Konro biasanya dimakan menggunakan ketupat kecil yang biasanya dipotong-potong terlebih dahulu. Selain itu, Sup Konro juga lebih enak dimakan dalam keadaan yang masih panas.


3. Es Pisang Hijau


http://masteresep.com

Es pisang hijau yang sangat segar dikonsumsi saat siang hari ini memang sangat terkenal di berbagai daerah, tapi ternyata minuman ini berasal dari Kota Makassar loh..


Es pisang hijau terbuat dari bahan utama pisang yang di bungkus menggunakan tepung yang berwarna hijau. Selain rasanya yang sangat segar, ternyata es pisang hijau juga memiliki banyak manfaat loh..


Dengan memakan pisang hijau, bisa membantu menormalkan kerja absorbsi air pada usus. Es pisang hijau juga sangat berkhasiat untuk orang yang menderita magh. Selain itu, manfaat pisang hijau yang lain adalah berperan pada perkembangan otak sekaligus kemampuan berfikir dan mengingat.


Tak hanya itu saja, ternyata pisang hijau juga sangat bermanfaat untuk Ibu hamil loh.. Beberapa manfaatnya antara lain, mengatasi gangguan sembelit karena sembelit merupakan gangguan kehamilan yang sering terjadi. Manfaat yang lainnya adalah meningkatkan pertumbuhan hemoglobin dan membantu pencernaan pada Ibu hamil. Dan mannfaat yang paling penting adalah mencegah pendarahan setelah melahirkan.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.