Ads Top

Awas, Jangan Sering makan Pedas, Maka akan Berakibat Seperti ini


Hasil gambar untuk pedas


Makanan yang bercita rasa pedas memang menjadi favorit banyak orang karena dianggap lebih enak. Akan tetapi cabai sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan ya. Sebab jika terlalu sering mengkonsumsi makanan yang pedas dapat menyebabkan beberapa masalah pada tubuh.


Sebenarnya cabai memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, sebab cabai mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu kandungan seperti capsaicin mampu membunuh sel kanker, kemudian menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan dapat mengendalikan pencemaran mikroba pada makanan. Akan tetapi, seperti kata pepatah lama dulu bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidak akan memberi kebaikan ataj hal yang baik. Begitu pula juga jika kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan yang pedas.


Nah berikut ini ada beberapa penyakit yang akan muncul jika kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan yang pedas


1. Insomnia



Jika kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas ternyata dapat mengganggu pola tidur mu. Sejatinya, tubuh membutuhkan rileks saat akan tidur, terutama saat hampir terlelap tidur karena makanan pedas bisa meningkatkan temperatur suhu tubuh dan akan memicu detak jantung menjadi lebih cepat. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan makan makanan yang pedas sebelum kamu beranjak tidur.


2. Diare



Makanan pedas juga bisa mempercepat gerakan dalam usus mu yang dapat memicu diare. Saat kamu mengkonsumsi makanan yang pedas dan sudah sampai di usus besar,  maka akan berefek dari iritasi dari makanan pedas tersebut langsung terasa. Lalu tubuhmu pun akan mengirim banyak air ke usus untuk mengatasi gejala iritasi tersebut. Namun yang perlu disadari  atau diketahui bahwa setiap orang yang mempunyai kepekaan usus yang berbeda-beda sehingga daya tahan untuk menghadapi makanan pedas juga akan berbeda. Bila kami termasuk orang yang sensitif dengan makanan pedas, sebaiknya kamu bisa mengurangi untuk mengkonsumsi makanan pedas.


3. Sensitivitas lidah jadi berkurang



Dengan mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan juga akan mengurangi sensasi rasa secara permanen di lidahmu. Sehingga lidah tidak bisa merespon atau responsif lagi dalam merasakan rasa. Bila kamu terus mengkonsumsi makanan yang pedas dalam jangka panjang, sebaiknya hati-hatilah karena bisa jadi sensivitas indera pengecapmu berangsur-ansur memburuk dan lebih fatalnya lagi lidah mu tidak bisa berfungsi maksimal untuk menentukan seberapa porsi makanan pedas yang bisa di tolerir yang masuk.


4. Radang pada lambung



Radang lambung juga bisa terjadi akibat jika kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas. Pada tahap ini, dinding lambung mu sudah terluka parah. Dalam beberapa kasus yang lain, lambung akan mengeluarkan nanah dan penderita akan merasakan rasa sakit yang luar biasa. Gejala dari radang ini adalah lambung terasa seperti terbakar, muntah, mual dan menurunnya berat badan secara drastis.


Jadi bjat kamu pecinta makanan pedas sebaiknya konsumsilah makanan pedas 3-4 kali dalam seminggu. Kemudian dianjurkan juga saat mengkonsumsi makanan pedas di menu utama pada siang hari, karena pada saat siang hari dimana saat tubuh masih membutuhkan energi buat bergerak dan jaraknya masih jauh dari jam tidur. Selain itu juga, setelah kamu mengkonsumsi makanan yang pedas juga dianjurkan minum segelas susu atau air kelapa muda yang berguna untuk menetralisir kadar asam dalam lambung mu.


Nah, itulah efek ataupun dampak jika kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas. Tidak ada salahnya bukan jika kita membatasi mengkonsumsi makanan pedas demi kesehatan.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.