Ads Top

Aneh! Sudah Dua Tahun Sekolah Ini Tidak Menerima Siswa Baru


79GEDUNG DAN RUANG KELAS E


Memasuki tahun ajaran baru biasanya para orang tua berbondong-bondong untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah. Sekolah pun akan terlihat lebih ramai dengan anak-anak yang baru masuk untuk mendaftar sekolah. Namun suasana ini tak dirasakan oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Danyang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Sekolah ini nampak sepi saat tahun ajaran baru. Hal ini bahkan sudah terjadi selama dua tahun berturut-turut.


Menurut salah satu guru di SDN 3 Danyang, Dyan Dwi Afriyanto, tahun lalu, siswa yang mendaftar hanya 5 orang dan tahun ini hanyalah 2 orang. Mengingat jumlah yang sedikit dan tidak memenuhi kuota yang ditetapkan, pihak sekolah terpaksa mengalihkan para siswa ke sekolah lain. Saat ini, ada 49 murid SDN 3 Danyang yang menempati kelas 3 hingga kelas 6. Rinciannya, kelas 3 berjumlah 10 murid, kelas 4 berisi 11 murid, kelas 5 dan kelas 6 masing-masing ditempati 14 murid.


Sekolah yang sudah berdiri sejak tahun 1982 ini sebenarnya memiliki kualitas sarana dan prasarana yang memadai. Bangunannya masih kokoh, ruang kelasnya pun tertata dengan baik, memiliki lapangan yang luas juga lokasinya mudah dijangkau. Tak hanya itu, dari segi prestasi pun, sekolah ini sudah meraih berbagai macam prestasi membanggakan hingga tingkat provinsi. Secara keseluruhan, kualitas SDN 3 Danyang tidak kalah dengan sekolah lainnya. Hal inilah yang membuat pihak sekolah merasa sedih dan bingung. Sampai sekarang, Pihak sekolah pun tidak mengerti apa yang menjadi penyebab para orang tua tidak mendaftarkan anaknya ke SDN 3 Danyang.


Melihat kejadian ini, pihak sekolah sudah melaporkannya ke Dinas Pendidikan terkait untuk segera ditindaklanjuti. Mereka berharap kepada pemerintah agar tidak disatukan atau digabung dengan sekolah lain. Setidaknya, mereka ingin dua ruang kelas yang tadinya kosong bisa terisi lagi dengan kegiatan belajar mengajar. Siswa-siswi SDN 3 Danyang pun mengaku prihatin melihat dua ruangan di sekolahnya dua tahun berturut-turut senyap tak berpenghuni. Mereka berangan-angan dua ruangan itu bisa ramai lagi. Diisi dengan hiruk-pikuk proses belajar mengajar agar para siswa semakin semangat dalam bersekolah.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.