Ads Top

7 Hidangan Nasi Ketan Ini Dijamin Bikin Kamu Ketagihan!


Mango sticky rice lagi hits di kalangan pecinta kuliner. Gurihnya nasi ketan yang disiram dengan santan kental dan bertabur wijen ini memang memberi sensasi unik tersendiri saat disantap dengan mangga manis. Selain dengan mangga, nasi ketan juga nikmat disantap dengan cara seperti berikut:


1. Ketan Gula Merah


Di daerah Sulawesi Selatan, masyarakatnya menyukai ketan yang dicocol dengan cairan gula merah. Orang Bugis Makassar menyebutnya palopo, gula merah yang dimasak sebentar hingga menjadi cairan kental. Anda juga bisa menambahkan potongan daging buah durian dalam cairan gulanya agar lebih nikmat.


Sokko Palopo (Foto: http://hesti-myworkofart.blogspot.co.id)

2. Ketan Serundeng


Songkolo begadang adalah salah satu kuliner khas asal Sulwesi Selatan. Makanan ini kerap dijumpai sebagai menu sarapan ataupun makanan tengah malam. Terbuat dari nasi ketan yang dilengkapi dengan lauk berupa serundeng. Serundeng sendiri merupakan parutan kepala yang dioseng dengan rempah pilihan.


Nasi Ketan dengan Serundeng Manis Pedas (Foto: http://www.dapurkobe.co.id)

3. Ketan Ikan Kering


Dengan tekstur yang kenyal dan lengket, nasi ketan juga nikmat disantap dengan ikan kering ataupun teri goreng. Nikmatnya pun makin terasa jika ditambahkan dengan sambel tomat terasi. Jadi menu sarapan bisa menambah semangat sebelum beraktivitas.


Nasi ketan komplit dengan ikan kering (Foto: Instagram)

4. Tape


Olahan ketan yang satu ini perlu ditambahkan ragi agar berfermentasi menjadi tape. Berasnya pun harus dipilih dari kualitas terbaik dan dicuci bersih agar bisa menghasilkan tape yang manis dan enak. Adapun proses pembuatannya biasanya membutuhkan waktu dua hari.


Tape Ketan Hitam (Foto: http://kaltara.prokal.co)

5. Lemmang


Jika biasanya orang mengenal gogos sebagai olahan ketan bakar. Di beberapa daerah di Indonesia, ada yang membuat lemmang. Nasi ketan yang dibakar pakai bambu. Olahan ketan ini rasanya lebih gurih karena selama proses pembakaran, santan dan ketannya diungkep dalam bambu.


Lemmang di Jeneponto (http://budaya-indonesia.org)

6. Kolak Pisang Ketan


Nasi ketan juga enak lho disantap dengan kolak pisang.


Kolak pisang dengan toping ketan (Foto: www.cookpad.com)

7. Ketan Telur Asin


Ketan juga nikmat disantap dengan telur asin. Beberapa daerah di Sulawesi Selatan menyajikan nasi ketan bakar berupa lemmang atau gogos dengan lauk telur asin dan sambel tomat. Menu ini kerap dijajakan di warung pinggir jalan.


Gogos dan Telur Asin (instagram.com/jajanan_makassar)

Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.