Ads Top

Wow! Inilah 17 Fakta Menarik Indonesia di Mata Dunia



Indonesia adalah sebuah negara kepulauan terbesar di dunia yang terletak di Asia Tenggara. Saat ini populasi di Indonesia mencapai hingga lebih dari 258 juta jiwa. Hebatnya lagi, dari ratusan juta jiwa tersebut penduduk Indonesia juga terdiri dari berbagai macam suku, bahasa, dan agama.


Keberagaman dan keunikan inilah yang membuat negara-negara lain begitu takjub dengan Indonesia. Sebab tak mudah untuk bisa hidup rukun dan nyaman dengan banyak sekali perbedaan. Namun semuanya justru mampu bersatu dalam satu kebanggaan yakni sebagai bangsa Indonesia. Selain itu, ternyata masih banyak sekali fakta menarik tentang Indonesia yang pastinya membuat anda bangga bisa menjadi bagian dari persatuan Negara Republik Indonesia. Berikut kami paparkan 17 fakta menarik tentang Indonesia di mata dunia :


1. Stadion GBK Pernah Menjadi Stadion Terbesar Dunia


Pada tahun 1962 silam, Indonesia pernah membuat sejarah dalam dunia sepakbola. Yakni dengan memiliki stadion dengan kapasitas paling besar di dunia yang mencapai hingga 100.000 orang.


2. Kadal Terbesar Dunia Adalah Komodo


Fakta membanggakan lain dari Indonesia adalah keberadaan hewan komodo yang merupakan kadal dengan ukuran paling besar di dunia. Bahkan hebatnya lagi, ternyata hewan komodo di Indonesia adalah Dinosaurus terakhir di dunia yang masih bertahan hingga saat ini.


3. Bunga Terbesar Dunia Adalah Rafflesia Arnoldi


Indonesia merupakan negara tropis. Tak mengherankan jika banyak sekali puluhan ribu jenis tumbuhan yang hidup di Indonesia. Dan salah satunya adalah bunga Rafflesia Arnoldi yang saat ini merupakan bunga dengan ukuran paling besar di dunia.


4. Mantan Presiden Soeharto Disebut Sebagai CEO Paling Korup Di Dunia


Fakta yang satu ini sebenarnya bukan merupakan fakta membanggakan dan justru sebaliknya. Meski di pemerintahannya banyak sekali terjadi skandal korupsi. Namun sebagai rakyat Indonesia kita pun tetap harus bisa menghargai jasa-jasa beliau selama menjabat sebagai Presiden Indonesia.


5.Penduduk Muda Indonesia Terbesar Di Dunia


Fakta menarik lain dari Negara Indonesia adalah fakta yang menyebutkan bahwa mayoritas penduduk di Negara Indonesia adalah penduduk dengan rata-rata usia di bawah 30 tahun. Itu berarti banyak sekali anak muda Indonesia yang saat ini sedang berjuang untuk mencerahkan masa depan Indonesia.


6. Memiliki Garis Pantai Terpanjang Di Dunia


Banyaknya pulau-pulau besar di Negara Indonesia membuat negara ini memiliki banyak sekali pantai. Dan hal tersebut ternyata juga menjadikan Indonesia sebagai negara dengan garis pantai paling panjang di dunia dengan panjang mencapai 85.000 km.


7. Memiliki Penduduk Muslim Terbesar Di Dunia


Meski Indonesia merupakan negara dengan banyak sekali perbedaan dan keberagaman. Ternyata tetap menjadikan Indonesia sebagai penduduk muslim paling besar di dunia mengalahkan negara-negara muslim yang ada di Timur Tengah.


8. Negara Kepulauan Terbesar Di Dunia


Fakta yang satu ini takkan bisa dimiliki oleh negara-negara lain. Sebab hanya Negara Indonesia lah yang memiliki banyak sekali pulau bahkan jumlahnya mencapai hingga puluhan ribu pulau. Amazing.


9. Produsen Gas Alam Nomer Tujuh Di Dunia


Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Termasuk di antaranya adalah gas alam. Hebatnya, ternyata Indonesia juga termasuk sebagai salah satu produsen gas alam paling besar di dunia.


10. Salah Satu Negara Terkorup di Dunia


Indonesia ternyata juga terkenal sebagai salah satu negara dengan jumlah koruptor paling besar di dunia. Hukum yang terlalu ringan kepada para koruptor membuat banyak sekali petinggi negara Indonesia yang terlibat dalam kasus korupsi. Bahkan, kini masih banyak koruptor-koruptor dari Indonesia yang melarikan diri dan menetap di negara-negara lain.


11. Pernah Memiliki Pusat Prostitusi Terbesar Di Dunia


Dolly merupakan tempat prostitusi paling besar yang ada di Asia Tenggara dan berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur. Namun pada tahun 2014 lalu, Gang Dolly resmi ditutup oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.


12. Memiliki Penduduk Terbanyak Nomer Empat di Dunia


Dengan jumlah penduduk mencapai 258 juta jiwa. Tak mengherankan sekali jika Indonesia termasuk sebagai negara dengan jumlah penduduk paling padat keempat di dunia.


13. Memiliki Tambang Emas Terbesar di Dunia


Fakta membanggakan lainnya dari Negara Indonesia adalah keberadaan tambang Freeport Indonesia. Sebab faktanya saat ini Freeport Indonesia adalah tambang emas paling besar di dunia.


14. Memiliki Danau Terbesar di Asia Tenggara


Danau Toba adalah danau tekto-vulkanik yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Danau yang merupakan danau kebanggaan Suku Batak ini ternyata merupakan danau terbesar di kawasan Asia Tenggara. Uniknya dari danau ini adalah keberadaan pulau lagi di tengah-tengahnya yakni Pulau Samosir.


15. Memiliki Candi Terbesar di Dunia


Kejayaan Indonesia di zaman dulu, tepatnya pada masa kerajaan Dinasti Sailendra meninggalkan sebuah bangunan bersejarah yakni Candi Borobudur. Candi yang diyakini dibangun pada tahun 750 masehi, merupakan candi Budha terbesar di dunia saat ini. Keren sekali kan.


16. Memiliki 3 Pulau Terbesar Di Dunia


Tahukah anda ternyata ada tiga pulau di Indonesia yang termasuk sebagai salah satu pulau terbesar di dunia. Ketiganya adalah pulau Kalimantan, pulau Papua (termasuk Papua Nugini), dan pulau Sumatera.


17 Marco Polo Adalah Orang Barat Pertama Yang Mendatangi Indonesia


Jika anda ingin tahu siapakah orang barat yang pertama kali mengunjungi Indonesia, jawabannya adalah Marco Polo. Sebab Marco Polo yang berasal dari Venesia, Italia, itu datang ke Indonesia pada tahun 1292. Diceritakan bahwa Marco Polo mengunjungi Aceh, saat ia akan kembali ke Persia. Bahkan menurut kisahnya, Marco Polo menemukan seekor kuda bertanduk atau unicorn. Namun belakangan diyakini, bahwa binatang tersebut bukanlah unicorn melainkan badak Sumatra


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.