Ads Top

Ternyata Cara Menabung Kita Selama Ini Salah, Beginilah yang Benar!


Jurnalis FinJ 51


Sejak kita duduk di bangku sekolah dasar, kita sudah diajarkan untuk selalu gemar menabung. Bukan tanpa alasan guru-guru dan orangtua kita menyuruh kita menabung. Mereka hanya ingin agar kita tentunya memiliki simpanan uang yang dapat kita pergunakan untuk kepentingan masa depan. Namun kebanyakan cara menabung yang dilakukan oleh seseorang salah. Alhasil, tabungan yang ada tidak dapat digunakan untuk kepentingan masa depan karena uang yang disimpan tidak banyak dan sering digunakan untuk keperluan yang tidak penting. Jika kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, ada baiknya kamu simak tentang cara menabung yang benar berikut ini.


1. Pikirkan Tujuan Utama Kamu Menabung


Jurnalis FinJ 51-1


Cara pertama yang harus kamu lakukan sebelum menabung adalah dengan memikirkan tujuan utama kamu menabung. Jika kamu sudah memikirkan tujuan utama menabung, maka kamu akan semangat dalam menabung dan tidak akan berhenti di tengah jalan. Kebanyakan orang menabung tidak memikirkan tujuan utamanya. Sehingga banyak dari mereka yang berhenti di tengah jalan ketika menabung karena alasan-alasan yang tidak jelas. Maka dari itu, pikirkanlah tujuan utama kamu sebelum menabung agar kamu tidak berhenti di tengah jalan ketika menabung.


2. Terapkan Prinsip Hidup Hemat


Jurnalis FinJ 51-2


Satu hal terpenting yang harus kamu lakukan sebelum kamu mulai menabung adalah dengan menerapkan prinsip hidup hemat. Dengan menerapkan prinsip hidup hemat, maka semangat kamu menabung akan semakin meningkat. Sisihkan uang dari pendapatan kamu untuk ditabung. Selain itu, prinsip hidup hemat juga dapat melatih kepribadian kamu untuk selalu berperilaku hemat dalam hidup. Tidak sembarangan dalam membelanjakan uang dan membeli sesuatu yang dibutuhkan saja. Prinsip tersebut tentunya dapat membuat kamu sukses dalam menabung.


3. Jangan Menggunakan Tabungan dengan Terlalu Cepat


Jurnalis FinJ 51-3


Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh orang-orang saat menabung adalah terlalu cepat dalam menggunakan tabungan. Hal ini bisa saja disebabkan oleh keinginan yang sebenarnya tidak terlalu penting. Memang pada dasarnya tujuan utama menabung adalah untuk membuat simpanan uang yang nantinya dapat dipergunakan untuk membeli sesuatu yang diinginkan. Namun alangkah sebaiknya jika tabungan tersebut dipergunakan untuk hal-hal yang penting saja. Sehingga tujuan utama dari menabung dapat berjalan dengan benar. Itulah cara-cara menabung yang benar. Dengan menerapkan ketiga cara tersebut, semoga kamu dapat dengan mudah untuk menabung.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.