Ads Top

Sebenarnya, Bentuk Bumi Datar Atau Bulat


Sampai saat ini perdebatan bentuk bumi yang sebenarnya masih terus terjadi. Banyak ilmuwan menentang teori NASA bahwa bumi bulat, mereka mengatakan memiliki bukti. Tapi NASA mengaku memiliki bukti juga. Sebenarnya Al-Quran sudah menjelaskan kepastian bentuk dari bumi lho. Salah satunya oleh Dr Zakir Naik melalui ceramahnya via Youtube.


bumi bulat


Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya (QS. An-Naziat: 30)


Zakir Naik menjelaskan kalimat dahaahaa diartikan dihamparkan, tak menunjukkan bumi berbentuk datar, melainkan hamparan bumi yang luas. Dalam bahasa Arab, dahaahaa atau duya artinya berbentuk telur unta.


Sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan. (QS. Luqman: 29)


bumi datar


Allah memasukkan malam ke dalam siang dan siang ke dalam malam. Artinya, malam perlalah-lahan akan berubah menjadi siang, lalu siang juga berubah perlahan-lahan menjadi malam. Fenomena tersebut terjadi jika hanya bumi berbentuk bulat.


Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan. (QS. Az-Zumar: 5 )


Kata menutupkan berasal dari yukawiru yang artinya menggulung, layaknya jalinan surban yang dililit pada bagian kepala.


Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia. (QS. Al-Kahfi: 47)


Al-Quran menjelaskan, arti kata datar tak hanya memiliki bahasa arab barizah saja, melainkan ada banyak kata Arab lain yang dapat diartikan sebagai datar.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.