Ads Top

Mencengangkan! Ini Motor dari Kayu Berbahan Bakar Ganggang



Bila dilihat sepintas, mungkin Anda akan mengira bahwa sepeda motor ini hanya sebuah pajangan yang tidak mungkin bisa dipacu. Bagaimana tidak, hampir seluruh bodinya saja berbahan kayu. Sementara pada tangki bahan bakarnya tidak tercium bau bensin, seperti pada kendaraan bermotor pada umumnya.


Eit, anggapan itu ternyata salah. Meski terbuat dari kayu, tapi sepeda motor ini benar-benar bisa dipacu laiknya sepeda motor pada umumnya. Yang lebih mencengangkan, sepeda motor ini tidak menggunakan bahan bakar minyak bumi atau bensin, melainkan sari pati tumbuhan ganggang untuk membakar dapur pacunya.


Dilansir dari laman Motorcycle News, sepeda motor unik ini merupakan hasil inovasi dari Ritsert Mans, seorang desainer asal Belanda dan Peter Mooji, seoarang ilmuwan. Keduanya pun telah berhasil melakukan pengujian terhadap sepeda motor tersebut. Hasilnya, motor itu dapat dikendarai lainya sepeda motor pada umumnya.


Yang menarik, desain sepeda motor ini sepintas terlihat garang, mirip dengan sepeda motor ala cafe racer. Meski hampir seluruh bodi sepeda motor dibuat dari kayu, namun masih ada beberapa bagian yang menggunakan logam.


Adapun bagian sepeda motor yang dibuat dari kayu, di antaranya, sasis, garpu, dan swingarm. Sedangkan untuk bagian mesin dan kaki-kaki motor, masih menggunakan bahan logam.



Tak seperti pengujian sepeda motor pada umumnya yang dilakukan di jalan aspal, sepeda motor unik ini diuji di pinggir pantai. Bukan tanpa alasan, kedua penciptanya ingin menegaskan bahwa bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan sepeda motor tersebut benar-benar menggunakan sari pati tumbuhan ganggang, bukan bahan bakar minyak bumi.


Pengujian yang dilakukan di pinggir pantai itu dilakukan juga karena alasan agar mirip dengan pengetesan sepeda motor di awal abad 20. Itu juga terlihat cocok dengan desain sepeda motor yang mengadopsi desain ala cafe racer itu.


Meski tak dirinci tentang spesifikasi, kecepatan, jelajah, dan efisiensi bahan bakarnya, namun pengujian yang dilakukan terhadap sepeda motor tersebut diklaim berhasil dan laik jalan.


Orang tiidak tahu seperti apa dunia ini dalam 30 tahun ke depan soal transportasi dan energi. Ketidakpastian itu juga indah, ini adalah petualangan baru. Setiap orang bisa mengembangkan dan mambangun ide mereka sendiri dan saya pikir pentung untuk mengarahkan pada petualangan, ungkap Mans.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.