Ads Top

Masih Ingat Negara Seluas Lapangan Sepak Bola yang Berdiri Tahun 2015 Ini Kabarnya Sekarang


Pada 2015 sempat ada pemberitaan tentang berdirinya negara baru di Eropa. Menariknya negara ini dikabarkan hanya memiliki luas mencapai 100 meter persegi  saja, jauh lebih sempit dibanding lapangan sepak bola yang rata-rata mencapai 120 x 90 meter persegi. Bahkan luasnya tidak cukup untuk menampung kompeks Istana Negara RI yang mencapai 68.000 meter persegi.


sumber: enclava.org


Negara ini diberi nama Enclava. Enclava dibentuk pada 23 April 2015 oleh sekelompok orang Polandia yang berkunjung ke Slovenia. Wilayah ini berada pada perbatasan antara Slovenia dan Kroasia. Mereka mempelajari wilayah yang kini diklaim sebagai Enclava tersebut melalui penduduk Slovenia sekitar.


Wilayah yang kini diklaim sebagai Enclava sebenarnya merupakan salah satu sisa wilayah dari pecahnya Yugoslavia pada 1991 yang menyebabkan tujuh negara baru muncul dengan banyak sengketa perbatasan hingga meninggalkan beberapa wilayah tanpa tuan.


Beberapa pihak menilai Enclava sebagai tingkah polah sekelompok orang yang hobi bikin sensasi. Sebagian tidak menyikapinya serius. Sampai saat ini tidak ada satupun komentar dari pemerintah Slovenia dan Kroasia mengenai Enclava.


Meskipun sebenarnya negara ini setidaknya sudah memenuhi sedikit syarat untuk disebut negara, yakni memiliki wilayah,rakyat, pemerintah, dan yang terpenting tidak ada satupun yang mengklaim kecuali mereka.


Sumber : https://twitter.com/AdamFeder_


Enclava menetapkan seorang Perdana Menteri bernama Philippe de MARTHE, dan menyediakan sejumlah formulir online untuk setiap orang yang berminat menjadi warga negaranya.


Viralnya pemberitaan tentang Enclava di berbagai media internasional ternyata telah menarik minat banyak orang. Saat 5 bulan setelah pembentukannya, sudah ada setidaknya 139 pendaftar yang permohonannya dikabulkan.


Bagaimana kabar Enclava setelah 2 tahun didirikan?


Hingga saat ini Enclava masih berstatus negara virtual, atau keberadaannya masih hanya sebatas pada situs online saja. Konon mereka masih dalam proses pengurusan konstitusi agar dapat menjadi negara yang utuh.


Dalam situs resmi Enclava di enclava.org mereka tidak mencantumkan luas sebagaimana yang diberitakan selama ini. Enclava tidak terletak di area berluas 100  melainkan 30.000 . Jauh lebih luas dibanding lapangan sepak bola, namun masih belum cukup luas menampung komplek istana negara.


Kemungkinan hingga tahun 2017 ini Enclava belum mendapat 5000 target pendaftar sehingga pendaftarannya masih tetap dibuka.


Anda tertarik menjadi warga negara Enclava?


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.