Ads Top

Lemuria, Sebuah Tradisi Kuno Merayakan Kematian di Italia


Festival Kematian Lemuria

Banyak cara yang dilakukan dalam mengantar kematian, setiap suku, agama, juga kepercayaan memiliki caranya masing-masing. Selain itu, setiap negara juga memiliki tradisi masing-masing. Seperti di Negara Italia misalnya, terdapat tradisi kuno merayakan kematian, tradisi ini dilakukan untuk menenangkan arwah dan mengusir jauh roh jahat.


Dikutip dari travel.detik, perayaan kematian sudah menjadi tradisi di Italia sejak zaman kuno, tradisi ini diberinama Lemuria, tradisi ini berkembang di zaman Romawi. Uniknya, perayaan kematian ini bisa juga dibilang sebagai festival, festival ini sudah ada sejak abad pertengahan dan dilestarikan hingga saat ini.


Festival Lemuria

Biasanya, Lemuria digelar oleh orang-orang yang berdomisili di Roma, perayaan ini berlangsung secara rutin tiap tahun, mulai tanggal 9, 11, dan 13 bulan Mei. Acara ini berlangsung pada malam harinya. Pada waktu itu, setiap orang berdiam diri di dalam rumah dengan bertelanjang kaki, kemudian membasuh tangan tiga kali, lalu memutari rumah sambil melempar kacang-kacangan pada setiap sudut ruangan yang ada di dalam rumah sejumlah 9 kali, kegiatan ini diakhiri dengan pembacaan doa-doa.


Masyarakat Roma percaya bahwa Lemuria bisa menjadikan arwah keluarga mereka yang telah meninggal diberikan ketenangan, selain itu, mereka juga meyakini tindakan ini dapat mengusir roh-roh buruk yang ada di dalam rumah mereka.


Festibal Lemuria

Selama prosesi perayaan Lemuria, suasana rumah dan lingkungan sekitar menjadi sangat sepi dan tenang. Bahkan, dimasa awal kemunculan tradisi ini, saat matahari sudah mulai teggelam di waktu yang telah ditetapkan, semua aktivitas warga berhenti secara total, hanya fokus pada perayaan Lemuria. Di zaman sekarang, Festival Lemuria dikembangkan menjadi festival Katolik yang akrab dengan istilah All Saints Day.


Kalu kamu sedang ke Roma, Italia, jadwalkan kunjunganmu pada perayaan ini, agar kamu bisa menikmati perayaan yang berasal dari Romawi Kuno ini. Selamat mencoba.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.