Ads Top

Kamu Suka Traveling Lakukan 7 Cara ini Agar Tetap Low Budget!


Young woman tourist in Dubrovnik, wall and rooftops of old town in background


Kamu ingin traveling? Jalan-jalan melihat pemandangan alam dan keliling sampai ke pelosok negeri? Pastinya mau dong! Banyak dari kita yang masih duduk di bangku SMA maupun sudah bekerja beranggapan jika traveling itu menghabiskan banyak uang. Tapi eits.. siapa bilang traveling itu menghabiskan banyak uang?


Tidak kalau kamu melakukan planing dengan matang dan stay on low budget! Yuk ikutin tips-tips di bawah ini supaya kantong kamu enggak kering!


Planning


Mau low budget ataupun high budget tetap aja kamu harus planning! Terus, bedanya planning low budget? Pertama, kamu harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai negara/ tempat yang kamu ingin tuju dan membuat jalur perjalanan. Tujuannya apa? Dengan membuat jalur perjalanan dari tempat-tempat yang ingin kamu singgahi, kamu dapat menghindari perjalanan 2X. Jadi pastikan kamu menandai semua tempat di peta ya!


Mencari Informasi


Mulai dari transportasi, tempat tinggal, suhu dan iklim, sampai hal-hal kecil harus kamu search dulu di google sebelum pergi! Informasi ini adalah kunci penyelamat kantong kamu karena dengan begini kamu dapat membandingkan harga dari transportasi satu dengan yang satu, home stay satu dengan yang satu. Kamu juga perlu menyiapkan pakaian yang sesuai dengan iklim di negara/ daerah tersebut. Selain kamu tidak kena culture shock, kamu juga tetap stylish!


Jalur Darat/ Laut


Traveling tidak selamanya harus dengan pesawat guys.. Jalur darat seperti kereta dan laut seperti kapal bisa kamu tempuh agar tetap low budget. Jangan remehkan yang satu ini lho.. Traveling jalur darat/ laut bisa jadi pengalaman tersendiri bagi kamu yang suka berpetualang dan belajar hal-hal baru. Selain itu, kamu juga berkesempatan singgah ke tempat-tempat yang di lewati selama perjalanan. Jadi sambil menyelam minum air deh!


Tetap pada budget


Apakah kamu traveling hanya sekadar untuk melihat dunia luar atau untuk mempelajari budayanya? Tetap ingat bahwa kamu pergi untuk tujuan apa. Bila perlu, list semua barang yang ingin kamu beli sehingga kamu tidak membeli barang-barang yang hanya bagus dipandang atau hanya karena diskon saja. Jangan sampai kalap belanja!


Jangan pergi terlalu ramai!


Berpergian dengan teman-teman genk adalah dambaan kita semua, tapi apa jadinya kalau traveling dengan jumlah belasan hingga puluhan orang? Sebaiknya kamu traveling dalam kelompok kecil antara 3-8 orang, jangan terlalu ramai, karena bukanya nanti traveling, kamu malah seperti dalam kelompok tur.


Kelompok kecil apalagi yang isinya sahabat-sahabat kamu adalah kompeni yang cocok untuk diajak traveling, selain sahabat dapat menolong kekurangan kamu saat traveling, momen yang didapat saat berpergian bersama sahabat juga berkesan!


Mencari momen yang pas


Yang satu ini tidak ada bedanya dengan planning. Kamu harus menentukan tanggal berapa ingin pergi traveling. Jika kamu berencana untuk stay on low budget kamu harus tahu bahwa musim liburan adalah waktu yang kurang pas untuk pergi traveling karena merupakan puncak-puncaknya wisatawan berpergian libur. Hal ini tentu saja membuat akomodasi menjadi lebih mahal dari biasanya.


Sebaiknya pergi saat liburan hampir usai atau bukan saat musim liburan sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang berlebih.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.