Ads Top

Ini Dia 9 Makanan yang Wajib Kamu Coba Saat Musim Dingin


Berikut adalah makanan-makanan khas korea yang wajib kamu coba saat musim dingin.


1. Gamjajeon


Gamjajeon adalah pancake yang cukup terkenal di Korea. Gamjajeon ini terbuat dari bahan dasar kentang dan memiliki rasa yang gurih. Hidangan ini mudah dibuat karena bahan-bahannya yang sederhana.


2. Kimchi Buchimgae


Hasil gambar untuk kimchi buchimgae


Mirip seperti Gamjajeon, Kimchi Buchimgae adalah pancake yang dibuat dengan irisan kimchi, adonan tepung, dan terkadang dengan beberapa sayuran lainnya. Kimchi Buchimgae sering diakui oleh budaya Korea sebagai hidangan rakyat kelas bawah dengan alasan siapa pun bisa membuatnya dengan mudah tanpa memerlukan biaya tambahan. Hidangan ini cocok disajikan dengan minuman beralkohol seperti makgeolli atau dongdongju.


3. Bajirak Kalguksu


Hasil gambar untuk bajirak kalguksu


Bajirak adalah sejenis kerang yang hidup di perairan Korea, Jepang, dan Cina. Kuah guksu yang hangat dan kaldu kerang yang kaya akan protein dapat memberikan rasa hangat pada tubuh saat musim hujan sekaligus menjaga kesehatan tubuh.


4. Ramyun


Hasil gambar untuk shin ramyun


Ramyeon Korea ini mirip dengan makanan Jepang di mana menggunakan bahan dasar mie yang disajikan dengan mie kuah instan dan ditambahkan beberapa sayuran. Ramyeon pada umumnya memiliki cita rasa yang pedas sehingga cocok untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan atau musim dingin.


5. Jjamppong


Hasil gambar untuk jjampong


Jjampong adalah hidangan berupa mie  yang dicampur dengan aneka seafood dan gochugaru (bubuk lada merah) serta kuah pedas yang baik untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan. Mie yang digunakan pada Jjampong terbuat dari tepung gandum. Selain itu, Jjampong kaya protein yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.


6. Samgyetang


Hasil gambar untuk samgyetang


Samgyetang adalah makanan khas Korea berupa sup ayam ginseng. Sup ini berisi dengan ayam muda dalam keadaan utuh yang direbus hingga empuk. Samgyetang dimakan dengan tambahan dari merica, garam, dan kimchi yang disediakan diatas meja.


7. Juk


Gambar terkaitJuk adalah bubur khas Korea yang terbuat dari bahan-bahan seperti beras, biji-bijian, wijen yang direbus dan kacang azuki. Campurannya bisa menggunakan daging, abalone, labu dan lainnya. Pada musim dingin, Juk dimasak dengan kacang merah yang dipercaya dapat mengusir arwah jahat.


8. Jeongol


Hasil gambar untuk jeongol


Jeongol adalah makanan berupa shabu-shabu khas Korea. Seperti shabu-shabu ala Jepang, Jeongol terdiri dari aneka sayuran yang direbus bersama daging, seafood, dan bahan-bahan lainnya. Yang membedakan adalah tteok yang ditambahkan pada Jeongol. Tteok adalah makanan tradisional Korea yang terbuat dari tepung beras.


9. Sundubu Jjigae


Hasil gambar untuk sundubu jjigae


Sundubu jjigae adalah sup tahu pedas yang cukup populer di Korea. Makanan ini sangat cocok dihidangkan saat hujan melanda. Sundubu jjigae terbuat dari seafood, telur, sayuran, dan daging sapi. Rasa pedas dari Sundubu jjigae terdapat pada pemakaian gochujang (pasta cabe) dan gochugaru (cabai bubuk). Makanan ini enak disantap panas panas dengan nasi sambil menghangatkan tubuh.


Itulah makanan-makanan khas Korea yang cocok disantap saat musim dingin atau musim hujan. Apa kamu tertarik untuk mencoba salah satunya?


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.