Ads Top

Bikin Ngakak Sekaligus Tersindir! 4 Meme Sumpah Pemuda Ini Mengajari Kita Makna Pemuda


Pada umumnya, meme memang bersifat lucu sekaligus menyindir. Sehingga kerapkali ia digunakan sebagai media penyampai pesan moral yang tepat untuk kalangan remaja, terutama di era millenials. Tepat 28 Oktober 2017 lalu, kita baru saja memperingati Hari Sumpah Pemuda. Sebuah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia kala ego kedaerahan mulai dilunturkan.


Kesadaran bangsa Indonesia untuk bersatu melawan penjajahan Belanda saat itu mulai muncul. Pemuda, sebagai ikon segar, kuat dan cerdas mewakili masing-masing daerah di pulau-pulau nusantara berkumpul dan mengucapkan sumpah yang tertuang dalam naskah Sumpah Pemuda.


Beda zaman tentu beda cara. Saat ini, meme menjadi sarana yang begitu viral untuk menyampaikan pesan. Termasuk sumpah pemuda. Namun, tetap mengandung pesan moral yang tidak boleh kita abaikan begitu saja.


Berikut ini 4 meme yang berkonten Sumpah Pemuda dan bikin ngakak.


Jangan Tanya Karyaku karena Aku Sudah Tua


meme 1


Ini adalah contoh meme berkonten sumpah pemuda yang update pada tahun 2015. Pesan dari meme ini membidik poin spirit berkarya yang seharusnya muncul pada diri pemuda. Meme ini menunjukkan sindiran bahwa orang yang dipertanyakan karyanya berarti sudah tidak muda lagi.


Gak Yakin Kalau Orang yang Bikin Status Selamat Hari Sumpah Pemuda Benar-benar Ingat Hari Sumpah Pemuda..


meme 2


Wah, wah, wah! Sindiran meme ini sungguh pedas. Faktanya bisa saja  demikian kan? Segala informasi bisa kita ketahui terlebih dahulu dari facebook. Berita, informasi terkini, wawasan ter-update, seputar kuliner, kabar fashion terbaru dan ulang tahun seseorang terkumpul di sana. Nah, meme ini sebenarnya ingin berpesan pada anak muda agar tidak mudah melupakan momen sejarah tentang jati diri mereka di masa lampau.


Ini Sampah Pemuda


meme 3


Bahkan, meme ini lebih pedas ketimbang meme sebelumnya. Pemuda dikatai sampah? Namun, sangat beralasan meme ini muncul efek maraknya tawuran yang menggila di tengah-tengah peserta didik tanah air. Tawuran seolah menjadi tolok ukur kegagahan, padahal doktrin itu sungguh menipu. Hanya menghancurkan fisik dan batin mereka secara sepat maupun perlahan.


Sumpah Pemuda Masih pada Facebook-an?


meme


Wah, kalau meme ini sih cenderung mengocok perut. Alasannya sudah jelas. Ada wajah stand up comedian yang tengah hits di tanah air. Siapa lagi kalau bukan Dodit Mulyanto. Maskot kampungan memang sudah menjadi ciri khas yang melekat pada dirinya saat tampil ber-stand up comedy ria. Hanya saja, ada benarnya juga. Bukankah peringatan Sumpah Pemuda harus diwujudkan dengan aksi yang lebih edukatif dan heroik. Bukan sekadar ucapan lewat status di media sosial.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.