Ads Top

Akhirnya, AFF Restui Indonesia-Thailand Jadi Tuan Rumah Piala Dunia


aff-sepakat-indonesia-thailand-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-2034-0DI


Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) resmi mengajukan Indonesia dan Thailand sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Dua negara sepakbola terbesar di Asia Tenggara itu siap menjadi tuan rumah gabungan pesta sepakbola terbesar di dunia, jika FIFA menyetujuinya.


Sekretaris Jenderal Federasi Sepakbola Asia Tenggara (Sekjen AFF) Dato Sri Azzudin Ahmad mengatakan, pengajuan Indonesia dan Thailand resmi disuarakan dalam Forum Tinggi AFF 2017 di Bali. Sabtu (23/9/2017). Dua negara anggota AFF resmi mengajukan maka, negara-negara anggota AFF lainnya juga ikut mendukung. Sudah saatnya kami maju untuk menggelar hajatan sepakbola terbesar di dunia. Katanya.


Sebelumnya usulan negara-negara di kawasan Asia Tenggara untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, sudah disuarakan sejak rapat bersama AFF di Vietnam pada bulan Juli lalu. Wakil Presiden AFF terpilih Joko Driyono mengatakan, keputusan ketika itu menjadikan Indonesia konsorsium ASEAN untuk persiapan penyelenggaraan Piala Dunia.


Hasil pertemuan di Vietnam juga dilaporkan kepada pemerintah, respon Presiden Joko Widodo pun mendukung yakni dengan mengeluarkan surat dukungan melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) pada awal September lalu. Isinya yaitu memberi dukungan kepada PSSI maupun AFF yang ingin menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun 2034.


Indonesia dan Thailand dinilai merupakan negara yang tepat untuk menyelenggarakan Piala Dunia. Sebab kedua negara ini merupakan negara sepakbola terbesar di Asia Tenggara, terutama Indonesia yang menjadi salah satu basis suporter terbesar di dunia.


Bila upaya yang dilakukan Indonesia dan Thailand mampu meyakinkan FIFA maka, gelaran Piala Dunia 2034 akan diselenggarakan pertama kali di AsiaTenggara. Sebelumnya Jepang dan Korea Selatan sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002.


Dalam tradisi FIFA, setiap badan induk sepakbola di kawasan akan bergilir menjadi tuan rumah Piala Dunia. Piala Dunia 2018 mendatang, FIFA sudah resmi menunjuk Rusia sebagai tuan rumah. Gelaran Piala Dunia 2022 kembali milik Benua Asia denan menjadikan Qatar sebagai tuan rumah. Pada 2026 negara-negara di kawasan Amerika Utara yang bakal menjadi tuan rumah. Sedangkan pada gelaran Piala Dunia tahun 2030 dan 2034 belum ditentukan siapa yang bakal menjadi tuan rumah.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.