Ads Top

Ada yang Bisa Digulung, Inilah 10 Jembatan Unik dan Tercantik di Dunia


via photovide.com

Meskipun terkadang keberadaannya dianggap biasa saja, namun jembatan sebuah penemuan yang luar biasa. dan fungsi dari jembatan pun tidak bisa diremehkan. Bahkan dengan adanya jembatan, perputaran ekonomi bisa lebih cepat. Jembatan menghubungkan antara dua lokasi yang terpisah. Biasanya jembatan terbuat dari struktur beton, ada pula yang terbuat dari baja yang lurus melintang.


Tak hanya miliki satu bentuk saja, dibeberapa negara terdapa jembatan yang unik. Tidak memperhatikan nilai fungsinya, jembatan tersebut memiliki nilai estetika. Melansir dari photovide.com, inilah top 10 jembatan terunik yang pernah ada.


1. Jembatan Musa Belanda


via photovide.com

Jembatan ini membelah air di bendungan. Konon, jembatan ini terinpirasi dari kisah Musa yang membelah lautan.


2. Jembatan Royal Gorge America


via photovide.com

Ketingginan jembatan ini 366m di permukaan sungai. Dulu jembatan ini amat menyeramkan karena ada orang yang pernah bunuh diri. Namun pengelola justru membuat wahana olahraga sehingga penampilan jembatan ini sekarang menjadi ramai.


3. Jembatan Leonardo da Vinci Norwegia


via photovide.com

Jembatan ini ini dikerjakan dari tahun 1502. Bentuknya unik, cembung dan ada empat tiang melengkung yang berfungsi sebagai penyangganya. Sebenarnya ini adalah proyek Sultan Bayezid II namun terlupakan. Leonardo da Vinci lalu membuat sketsa mengenai jembatan ini sehingga sejarahnya terungkap.


4. Jembatan Storsesundetsky Norwegia


via photovide.com

Desain jembatan ini agak berbeda dibuat berkelok dan melengkung. Tujuannya adalah menyesuaikan struktur tanah tempat jembatan tersebut dibangun. Yang menarik adalah ilusi optiknya. Jika mengambil foto jembatan ini pada sudut tertentu, nampak ujung jembatan terpotong dan terlihat berakhir dilautan.


5. Jembatan Slauerhoffbrug Belanda


via photovide.com

Jembatan ini dijuluk jembatan terbang karena memiliki tuas pengangkat. Jembatan akan diposisikan ketika dilewati kendaran. Jika sedang tidak digunakan, jembatan tersebut akan diangkat.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.