Ads Top

20 Tahun Harry Potter, Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Fenomena Kisah Penyihir Berkacamata Itu


HarryPotter


Percaya atau tidak, kisah Harry Potter sudah berusia 20 tahun. Buku septalogi tentang penyihir karya JK Rowling itu pertama kali diterbitkan tahun 1997 di Inggris. Hingga sekarang, buku serialnya telah terjual lebih dari 400 juta kopi di seluruh dunia, belum lagi film adaptasinya yang juga sukses. Untuk memperingati 20 tahun salah satu kisah sukses dunia literatur ini, berikut fakta menarik tentang Harry Potter.


Ide Cerita Pertama Muncul di Kereta


HPDH208436


Manchester, Inggris, 1990. Saat itu JK Rowling akan pergi menaiki kereta menuju London, namun kereta tersebut terlambat berangkat selama beberapa jam. Siapa sangka sambil melamun di kereta, sebuah ide tentang seorang penyihir laki-laki yang bersekolah di sekolah sihir menari-nari dalam pikirannya. Karena tidak ada kertas, ia menulis idenya tersebut di serbet.


Ditolak 12 Penerbit


rejected1


Perjalanan menjadi seorang penulis tidaklah mudah. Harry Potter ditolak 12 penerbit karena dianggap terlalu tebal dan ceritanya terlalu berat untuk ukuran novel anak. Akhirnya sebuah penerbit baru di Inggris saat itu, Bloomsbury, menyetujui untuk menerbitkan Harry Potter sebanyak beberapa ribu kopi di cetakan awal.


Nama Pena JK Rowling


184169wqqejpg


Awalnya ia akan mencantumkan nama aslinya, Joanne Rowling sebagai nama pena. Namun pihak penerbit berpendapat agar Rowling menyamarkan gender-nya dengan nama inisial. Alasan penerbit saat itu adalah tidak ada anak laki-laki yang mau membaca cerita tentang mereka yang ditulis wanita. Karena tak punya nama tengah, Rowling mengambil nama neneknya, Kathleen, sebagai nama tengahnya. Dari situlah ia mencantumkan nama pena sebagai JK Rowling.


Setiap 30 Detik, Seseorang di Dunia Mulai Membaca Harry Potter


harry-potter-series


Meski awalnya diragukan, ternyata Harry Potter menjadi sebuah fenomena di Inggris. Hal itu menyebabkan penerbit Amerika Serikat tertarik, kemudian diterbitkan satu tahun kemudian. Kepopuleran Harry Potter semakin bertambah. Cerita yang awalnya diragukan itu nyatanya disukai tidak hanya oleh anak-anak, melainkan orang dewasa. Dan saat ini saking fenomenalnya Harry Potter, pada setiap 30 detik, seseorang di suatu tempat di dunia mulai membacanya.


Brand Harry Potter Bernilai 25 Miliar Dolar AS


wizarding-world-harry-potter-orlando-hermoine-ron-art-a-00

Setelah sukses bukunya, Harry Potter diadaptasi ke berbagai macam media, seperti film layar lebar dan game. Bahkan sekarang taman bermain Harry Potter bisa dikunjungi di beberapa negara. Hingga saat ini, brand Harry Potter diperkirakan bernilai 25 miliar dolar AS atau setara dengan Rp. 332,5 triliun.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.