Ads Top

Pengguna Facebook yang Seperti Apakah Anda


Kategori facebook1


Sumber: www.sciencedaily.com


Facebook merupakan sebuah media sosial yang sangat umum untuk digunakan. Pengguna Facebook berasal dari berbagai kalangan dan berbagai rentang umur. Penggunaan facebook untuk setiap orang akan berbeda-beda. Tapi ternyata secara umum pengguna facebook memiliki kebiasaan yang sama lho.


Dilansir dari sciencedaily.com, penelitian terbaru dari Birmingham Young University membagi pengguna facebook menjadi empat kategori; relationship builders, town criers, selfies, dan window shopper. Penelitian ini dilakukan dengan menanyakan sejumlah pertanyaan mendasar tentang alasan seseorang menggunakan facebook.



  1. Relationship builders
    Orang yang termasuk ke dalam kategori ini akan merespon terhadap postingan-postingan orang lain juga menggunakan fitur-fitur facebook untuk memperkuat hubungannya dengan keluarganya dan teman-teman terdekatnya. Mereka mengasosiasikan facebook sebagai alat perpanjangan tangan dari kehidupan Mereka. Mereka akan dengan mudah memberikan informasi personal mereka agar mereka dapat berhubungan dengan orang-orang melalui media sosial.


Kategori facebook2


Sumber: www.teachprivacy.com



  1. Town criers
    Orang yang termasuk ke dalam kategori ini tidak begitu memperhatkan seperti apa dirinya dalam facebook. Mereka hanya tertarik untuk memberitahu kepada pengguna facebook lainnya tentang apa yang sedang terjadi. Mereka sering menulis postingan tentang kejadian-kejadian, me-repost berita, dan menjadi pemberi informasi dari berbagai sumber. Hubungan mereka dengan keluarga dan teman-teman terdekat tidak akan mereka lakukan melalui facebook.



  1. Selfies
    Seperti namanya Selfies, kategori ini berisikan orang-orang yang suka mempromosikan dirinya a.k.a. narsis. Seperti Relationship Builders, Mereka memberikan berbagai informasi pribadi mereka, Mereka membagikan foto, video, dan tulisan mereka namun-berbeda dari Relationship builders- Mereka melakukannya dengan fokus utama untuk mendapatkan perhatian. Mereka menggunakan facebook sebagai presentasi gambaran dari diri mereka, baik itu sesuai dengan keadaan sebenarnya ataupun tidak. Semakin banyak notifikasi like yang mereka dapat, semakin Mereka akan merasa diterima oleh teman-temannya.


Kategori facebook4


Sumber: www.istockphoto.com



  1. Window shoppers
    Seperti Town criers, mereka cenderung tidak akan memasukan informasi personal dan membagikan postingan yang sifatnya personal, tapi Mereka hanya menggunakan facebook untuk mengetahui kegiatan orang lain dan bagaimana keadaan orang lain. Bisa dibilang mereka yang termasuk dalam kategori ini seperti orang yang duduk di taman kemudian memperhatikan apa yang orang lain lakukan. Atau bisa juga dibilang Mereka adalah stalker, hihihi.


Pengkategorian ini berdasarkan sains loh, jadi kalau Kalian merasa cenderung masuk ke dalam satu kategori, kalian tidak sendirian. Ini juga bisa menjadi sarana kalian untuk mengenal diri Kalian sendiri. Kira-kira Kalian masuk yang mana ya?


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.