Ads Top

Kepiting Raksasa Ini Hanya Dapat Ditemukan di Jepang !!!


Jika menyebutkan nama kepiting semua orang akan berpikir hewan bercapit, bercangkang dan hidup di air, yang memiliki ukuran lebih besar sedikit dari telapak tangan manusia dewasa.


Namun tahukah anda, di jepang ada kepiting yang memiliki ukuran jauh lebih besar dari kepiting biasanya dengan ukuran setinggi balita dan bisa lebih tinggi lagi. Kepiting berukuran raksasa yang dimaksud disene adalah  kepiting laba-laba jepang, sesuai dengan namanya kepiting tersebut terdapat di perairan selatan  jepang menetap di kedalaman 50 meter hingga 600 meter, selain jepang kepiting laba-laba juga dapat ditemukan di lepas pantai Su-Ao, Taiwan utara.



Kepiting laba-laba atau orang jepang menyebutnya takaashigani yang berarti kepiting berkaki panjang, kepiting raksasa tersebut memiliki  warna orange gelap dan bintik-bintik putih di kaki. Kepiting laba-laba termasuk hewan omnivora, hewan laut tersebut akan memakan apapun yang berada pada jangkauan lengannya yang panjang dan bercakar.



Dengan ukurannya yang besar kepiting ini menjadi hewan pemburu dan pemakan segala. tetapi dengan ukuran kakinya yang panjang kepiting ini tetap berjalan lamban. ukuran Cangkang kepiting ini berdiameter hampir 40 cm dan beratnya mencapai 20kg, sehingga menjadikan  hewan laut ini sebagai kepiting Arthropoda atau hewan beruas-ruas terbesar di dunia.



Kepiting raksasa tersebut diperkirakan bisa hidup sampai 100 tahun.Walaupun demikian kepiting tersebut sangat jarang dijumpai, meskipun begitu  nelayan di perairan selatan jepang sudah lama memburu kepiting tersebut. Ada yang menjadikan kepiting tersebut sebagai makanan, dipelihara, bahkan dikoleksi cangkangnya.


Sekian dulu penjelasan mengenai kepiting raksasa yang hanya berasal dari perairan jepang.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.