Ads Top

Ini Dia! 8 Hewan Asli Indonesia yang Hampir Punah


Indonesia dengan kekayaan alamnya yang sangat melimpah membuat hewan hewan banyak ditemui di Indonesia, sayangnya sering terjadinya penangkapan liar penembangan hutan yang berlebihan dan pembakaran hutan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab membuat populasi hewan semakin sedikit, hal ini menyebabkan kepunahaan. Nah ini dia hewan terancam punah :


1. Kangguru Pohon Wondiwoi


kanguru-pohon-bermantel-emas


Kangguru ini berhabitat di Papua, jumlah hewan ini sangat terancam punah, dari data yang dikumpulkan hewan ini hanya tinggal berjumlah 50-an ekor saja.


2. Monyet Hitam Sulawesi


yaki111-20130701_134719


Monyet ini beda dengan monyet yang lainnya, monyet ini memilki tubuh yang seluruhnya hitam tapi pantatnya berwarna merah muda dan ukuran badannya lumayan besar untuk ukuran monyet pada umumnya, namun sayang hewan lucu ini sudah hampir punah.


3. Gajah Sumatera


ef22097ac119e1c80b9c26727971bd7e_630x420_thumb


Awalnya kehidupan gajah ini aman ama saja, namun tahun demi tahun populasinya berkurang drastis akibat pemburuan liar dan rumah rumah mereka dijadikan kebun oleh masayarakat sungguh sangat disayangkan.


4. Harimau Sumatera


harimau-sumatera-mengaum


Masih dari Sumatera lagi hewan yang memilki corak tubuh yang indah ini sekarang hanya berjumlah 500 ekor saja, jangan sampai harimau Sumatera punah seperti harimau bali. ayo jaga habitat mereka.


5. Badak Sumatera dan Jawa


pohon-langkap-di-ujung-kulon-ancam-kelestarian-badak-jawa


Populasi badak bercula dua dari Sumatera populasinya hingga sekrang mencapai 300 ekor saja sedangkan badak bercula satu dari jawa sangat memprihatinkan jumlahnya hanya puluhan saja.


6. Orang Utan


19.-Orangutan-dan-anaknya-Yayasan-Gibbon-Indonesia


Orang utan menjadi salah satu satwa yang dilindungi, habitat asli orang hutan berada di Sumatera dan Kalimantan, namun orang utan Sumatera lebih sedikit jumlahnya dari pada jumlah orang  utan yang ada di Kalimantan. Orang utan sendiri sering dibunuh oleh oknum yang tidak bertangung jawab.


7.  Macan Tutul Jawa


37473470_303


Macan tutul yang sering disebut macan kumbang ini hanya hidup di daerah tropis tepatnya di pergunungan daerah jawa. Akbiat pemburuan liar macan ini dari tahun 2007 sudah terancam punah.


8. Jalak Bali


jalak-bali-star


Penuh resiko memang memilki rupa yang cantik, burung bali yang sangat cantik ini hanya 100 ekor saja jumlahnya sekarang, pemburuan liar membuat hewan ini menjadi langka.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.