Ads Top

Hati-hati, Inilah Bahaya Minum Air Dingin Setelah Olahraga!


Olahraga merupakan aktivitas yang bisa membuat tubuh kita menjadi sehat. Banyak orang yang melakukan olahraga secara rutin, tetapi banyak juga yang hanya melakukannya ketika memiliki waktu luang atau disela-sela kesibukannya. Olahraga biasanya juga membutuhkan banyak energi yang mengakibatkan suhu tubuh meningkat dan mengeluarkan banyak cairan atau keringat.


Minum air dingin setelah melakukan olahraga memang akan terasa menyegarkan namun terdapat banyak bahaya yang ditimbulkan dari meminum air dingin setelah melakukan olahraga yang perlu kita waspadai.



Berikut ini beberapa bahaya dari meminum air dingin setelah melakukan olahraga yang perlu kita ketahui.


Hyponatermia


Meminum air dingin setelah olahraga justru beresiko membuat kita menjadi kehausan dan ketagihan karena kesegarannya. Sementara itu, jika kita terlalu banyak meminum air dingin maka kadar sodium yang mengatur kadar air di dalam tubuh akan berkurang secara tiba-tiba. Pada saat kekurangan sodium, sel-sel dalam tubuh akan membengkak dan hal itu yang bisa menyebabkan kematian.


strong>Membuat Kepala Pusing


Saat meminum air dingin kepala akan terasa pusing, yang dikarenakan saraf pusat yang tekejut akibat perubahan suhu tubuh dari panas menjadi dingin secara tiba-tiba. Kita tau bahwa setelah melakukan olahraga suhu tubuh akan meningkat atau menjadi panas. Jadi, ketika ingin meminum air dingin tunggu sampai suhu tubuh normal kembali.


Lambat Diserap Tubuh


Air yang terlalu dingin yang kita minum akan lebih sulit diserap oleh tubuh yang menyebabkan tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi dan akan menjadi lebih haus dari pada sebelumnya, dan juga akan menyebabkan perut menjadi kembung.


Timbul Rasa Ingin Buang Air Kecil


Suhu air minum yang dingin membuat tubuh kita juga menjadi kedinginan, dan akan membuat kandung kemih terangsang karena perubahan suhu tersebut sehingga timbul rasa ingin buang air kecil yang tidak bisa ditahan. Sementara itu, apabila kita terlalu sering buang air kecil tubuh akan rentan kekurangan zat otassium dan sodium yang hilang bersama air seni.


Pembuluh Darah Menyempit


Tubuh yang dialiri oleh air dingin yang kita minum akan mengganggu metabolism tubuh. Dampaknya adalah terjadi penyempitan pembuluh darah, yang mengakibatkan aliran darah ke jantung berkurang.


Detak Jantung Melemah


Meminum air dingin menurut beberapa penelitian dapat merangsang saraf vagus. Saraf tersebut memiliki fungsi yang sangat vital yaitu sebagai pengontrol aktivitas tak sadar tubuh seperti detak jantung. Kinerja saraf ini akan terganggu jika kita terlalu banyak minum air dingin, sehingga berisiko melemahkan detak jantung.


Mempersempit usus


Kebiasaan  meminum air dingin setelah olahraga, dikhawatirkan akan membuat dinding usus menyempit, dikarenakan pembekuan partikel pada makanan yang berminyak karena suhu air yang dirngin. Pembekuan tersebut menyebabkan penumpukan lemak pada saluran usus.


Demikian beberapa bahaya dari meminum air dingin selepas olahraga, sebaiknya kita bisa bijaksana dan menjaga kesehatan dengan tidak meminum air dingin selepas olahraga. Atau bisa juga dengan menunggu suhu tubuh normal atau memberi jeda antara olahraga dengan meminum air dingin.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.