Ads Top

Yuk Kenali dan Cegah Kanker Sejak Dini


Kenali dan cegah kanker sejak dini


Kanker adalah penyakit mematikan yang sangat ditakuti baik oleh kaum laki-laki maupun perempuan. Belum lama ini salah satu artis Indonesia juga meninggal karena menderita kanker.  Semoga arwahnya diterima di sisi Allah SWT. Aamiin.


Mengambil hikmah dari kejadian tersebut, siapapun memang tidak ingin terkena penyakit satu ini. SO sebagai bentuk pencegahan, perlu untuk tahu seputar penyakit kanker dan tentu saja cara mencegahnya sejak dini.


Penyebab penyakit kanker adalah karena proliferasi sel yang abnormal dan tidak terkendali. Sel kanker tumbuh karena mutasi genetik, namun penyebab terjadinya mutasi ini sampai sekarang belum diketahui.  


Adapun penyebab terjadinya mutasi genetik dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya:


Keturunan
Merokok
Kekurangan antioksidan
Paparan zat kimia, radiasi, dan sebagainya<
Pola makan yang salah<


Meski pertumbuhan sel kanker tidak bisa dicegah. Namun, resiko dari tumbuhnya sel kanker pada tubuh dapat diperkecil dengan melakukan beberapa pola hidup sehat, apa saja?


Olahraga teratur
Mengkonsumsi banyak antioksidan seperti sayuran, buah-buahan dan air putih.
Membatasi mengkonsumsi makanan instan, makanan dengan pengawet dan penyedap rasa.
Melakukan pemeriksaan payudara sendiri.
Hindari paparan at kimia dan radiasi berbahaya.


Nah itu tadi penyebab dan cara meminimalkan resiko tumbuhnya sel kanker. Perlu juga bersikap waspada jika terjadi gejala-gejala abnormal seperti siklus haid yang tidak normal, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas dan adanya benjolan tubuh yang tidak kunjung hilang misal lebih dari dua minggu.


Semoga bermanfaat



Powered by Blogger.